Pertengahan Mei, Palembang dan Sekitarnya Mulai Memasuki Musim Pancaroba

Pertengahan Mei, Palembang dan Sekitarnya Mulai Memasuki Musim Pancaroba

Stasiun Meteorologi SMB II Palembang memperkirakan Palembang mulai memasuki musim pancaroba pertengahan Mei, Senin (13/5/2024).-Hafid Zainul-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada pertengahan Mei 2024, kondisi cuaca di Kota Palembang mulai memasuki musim pancaroba atau musim peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Siswanto, kondisi cuaca Kota Palembang dan sekitarnya mulai memasuki musim pancaroba.

“Secara ilmu meteorologi, yang dapat kita sampaikan kondisi cuaca saat ini untuk Kota Palembang dan sekitarnya masuk pada musim pancaroba, dari musim penghujan ke musim kemarau,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Siswanto pada hari Senin, 13 Mei 2024.

Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Siswanto mengatakan, curah hujan yang terukur di beberapa wilayah berkisar 50 milimeter, di mana mengalami penurunan intensitas curah hujan.

BACA JUGA:Oknum Penguji Kir Langgar Kode Etik, UPTD PKB OKI Terancam Ditutup


Siswanto, Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Senin (13/5/2024).-Hafid Zainul-PALTV

“Curah hujan yang terukur di beberapa wilayah kategorinya masih melebihi 50 milimeter sampai dengan dasarian berikutnya. Juga mengalami penurunan intensitas curah hujan,” ungkap Siswanto.

Kendati begitu, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan diri, lantaran saat ini masih di musim penghujan, seperti hujan berdurasi pendek namun kadang intensitasnya lebat.

“Masyarakat jangan lengah, karena curah hujan yang terjadi di Kota Palembang musim pancaroba ini durasinya pendek, tapi intensitasnya cukup lebat. Sehingga dampak yang terjadi cukup signifikan,” ujar Siswanto.

Karakteristik curah hujan pada musim pancaroba sering kali diikuti embusan angin yang kencang, kilat, hingga sambaran petir.

BACA JUGA:KAI Apresiasi Polda Sumsel, BPN Provinsi, dan BPN Wilayah atas Bantuan Pengamanan dan Pengelolaan Aset

“Kondisi curah hujan di musim pancaroba biasanya akan diikuti dengan embusan angin yang cukup kencang, bahkan fenomena angin puting beliung dan sambaran petir sering terjadi,” ucap Siswanto.

Musim kemarau di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diprediksi pada awal hingga pertengahan Juni 2024 mendatang.

“Melihat data yang telah dirilis dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Pusat terkait awal musim kemarau, setidaknya diprediksi pada dasarian pertama dan dasarian kedua Juni 2024, Sumsel sudah memasuki musim kemarau,” tutur Siswanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv