Menyingkap Pesona Tugu Keris Siginjai: Keindahan Wisata dan Warisan Sejarah Kota Jambi

Menyingkap Pesona Tugu Keris Siginjai: Keindahan Wisata dan Warisan Sejarah Kota Jambi

Menyingkap Pesona Tugu Keris Siginjai: Keindahan Wisata dan Warisan Sejarah Kota Jambi--Gambar : Instagram@nolehjambi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Menara megah ini bukan sekadar jadi lambang Kota Jambi, tetapi juga jadi destinasi wisata yang sarat akan nilai-nilai sejarahnya.

Tugu Keris Siginjai berdiri anggun di tengah bundaran depan Balai Kota Jambi, mencuri perhatian siapa pun yang melewati jalannya. Wajahnya yang gagah mirip Monas di Jakarta, hanya dalam proporsi yang lebih kecil, tetapi cerita di baliknya sangatlah berharga.

Tugu Keris Siginjai mulai mengukir sejarahnya pada 31 Desember 2017, ketika Walikota Jambi, Syarif Fasha, secara resmi meresmikannya. Sebelumnya, tugu ini dikenal dengan nama Tugu Jam, meski masyarakat lebih sering menyebutnya sebagai Tugu Monas karena kemiripannya dengan Monas di Jakarta. Nama "Keris Siginjai" yang disematkan padanya diambil dari senjata pusaka Kesultanan Jambi.

Bagi penduduk setempat, keris ini melambangkan mahkota kerajaan sekaligus semangat persatuan di antara rakyat Jambi. Menurut legenda sejarah, Keris Siginjai terakhir kali digunakan oleh Sultan Achmad Zainuddin.

BACA JUGA:Memacu Adrenalin dengan Wisata Air Cakat Stempel Speedboat di Sungai Komering

Tugu Keris Siginjai menampilkan siluet yang mengingatkan pada Monas, dengan ukuran yang lebih sederhana, namun begitu megah. Ujungnya dihiasi dengan ornamen khas Keris Siginjai, yang bukanlah senjata asli, melainkan replika buatan Nursih Basuki Art Studio di Kotagede, Yogyakarta.

Keris ini dibuat dari tembaga murni, memberikan kesan elegan dan monumental.Bagian dasar tugu dilengkapi dengan sembilan struktur besi pipa galvanis berbentuk spiral, yang saling terhubung dan melambangkan sembilan wilayah dalam Kerajaan Jambi, masing-masing diberi nama sesuai dengan anak sungai Batanghari yang melintasinya.

Selain menjadi simbol kota, Tugu Keris Siginjai juga merupakan daya tarik utama pariwisata. Banyak wisatawan dan warga setempat yang datang untuk bersantai, berfoto, atau sekadar menikmati suasana di sekitar tugu ini. Ketika malam tiba, tugu ini semakin memesona dengan pertunjukan air mancur dan pencahayaan yang memikat.

Setiap Sabtu malam, pemerintah kota Jambi menggelar Car Free Night (CFN) di sekitar tugu, menawarkan berbagai pertunjukan dan stan kuliner dari berbagai organisasi dan kecamatan di Kota Jambi.

BACA JUGA:10 Tips Game Pertarungan Paling Seru Dijamin Kecanduan

Bagi yang ingin menikmati hidangan lezat, kursi melingkar di sekitar tugu menjadi tempat yang nyaman. Dari sana, pengunjung bisa menikmati panorama Tugu Keris Siginjai sembari menikmati sajian kuliner khas Jambi.

 

Lokasinya yang strategis membuat Tugu Keris Siginjai menjadi pintu gerbang bagi wisatawan untuk menjelajahi berbagai tempat menarik di Jambi. Beberapa di antaranya termasuk:

Taman Jomblo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber