Arus Balik di Simpang Belimbing Muara Enim Mulai Ramai pada H+3 Idulfitri 1445 Hijriah

Arus Balik di Simpang Belimbing Muara Enim Mulai Ramai pada H+3 Idulfitri 1445 Hijriah

Arus balik di Simpang.Belimbing Kabupaten Muara Enim mulai ramai pada H+3 Idulfitri 1445 Hijriah, Jum’at (12/4/2024).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Memasuki H+3 Idulfitri 1445 Hijriah pada hari Jum’at, 12 April 2024, kendaraan yang melintasi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Kabupaten MUARA ENIM, terutama di lokasi rawan kemacetan mulai terlihat ramai.

Namun situasi arus lalu lintas masih lancar terutama di salah satu Pos Pelayanan yang langganan alami kemacetan di Pos Pelayanan Cinta Kasih Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasi Humas AKP RTM Situmorang mengatakan, arus lalu lintas terutama di Pos Pelayanan Cinta Kasih sering terjadi kemacetan dan mulai padat. Kendaraan mobil pribadi berpelat luar Sumatera Selatan terlihat dominan dalam arus balik ini.

Meskipun terlihat arus balik, namun arus lalu lintas di Jalinsum Muara Enim masih dalam keadaan aman dan lancar.

BACA JUGA:H+3 Idulfitri, Arus Balik Mulai Terjadi di Bandara SMB II Palembang Meski Belum Signifikan


Kepadatan lalu lintas di Simpang Belimbing saat melintas di perlintasan kereta api, Jum’at (12/4/2024).-Yansyah-PALTV

Hal tersebut menurut AKP RTM Situmorang tidak terlepas atas kepatuhan para pengguna jalan dalam mengantri dan tidak saling serobot.

Kesadaran antri dan tidak menyerobot tersebut memudahkan petugas dalam mengurai arus lalu lintas jika terjadi kemacetan.

Untuk itu, lanjut AKP RTM Situmorang, Polres Muara Enim mengajak semua pengguna jalan untuk bersama-sama bisa memainkan peran penting, dalam mengoptimalkan situasi arus lalu lintas selama mudik lebaran.

Mematuhi rambu-rambu lalu lintas, melengkapi kelengkapan kendaraan dan surat-surat penting, serta mematuhi aturan yang berlaku saat berkendara, menjadi beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir risiko kemacetan.

BACA JUGA:Antisipasi Kemacetan, Personel Polsek Pangkalan Balai Terjun Atur Lalu Lintas Sekitar Pasar


ATUR LALIN: Tampak petugas Kepolisian sedang mengatur lalu lintas di pintu perlintasan KA Simpang Belimbing Kabupaten Muara Enim, Jum’at (12/4/2024).-Yansyah-PALTV

"Kita sudah mengantisipasi sedini mungkin dengan PT KAI. Selain ada petugasnya, juga jika ada kemacetan terutama di perlintasan kereta api, maka PT KAI akan memberikan rentang waktu kelonggaran lebih lama untuk tidak menutup Pintu Kereta Api, sehingga kendaraan bisa melintasi rel kereta api lebih lama lagi," jelas Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang.

Sementara itu, menurut seorang pemudik Ahmad Fuadi (38) warga Bengkulu, pihaknya merasa terbantu dengan adanya petugas yang menjaga di setiap pintu perlintasan kereta api, terutama di perlintasan Belimbing karena sering menjadi langganan kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv