Ingin Mudik Tapi Pakai Mobil Listrik? Perhatikan Hal Ini Dulu Agar Mudik Anda Tetap Nyaman dan Aman

Ingin Mudik Tapi Pakai Mobil Listrik? Perhatikan Hal Ini Dulu Agar Mudik Anda Tetap Nyaman dan Aman

Ilustrasi mudik aman dan nyaman dengan mobil listrik.-KM Shofuan-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada lebaran Idulfitri 1445 Hijriah tahun 2024 ini, sudah banyak pemudik yang berani menggunakan kendaraan listrik (EV) sebagai sarana transportasi menuju kampung halaman.

Agar perjalanan mudik terasa lebih aman dan nyaman, persiapan yang matang tentunya sangat diperlukan. Oleh karena itu, inilah beberapa tips yang mesti kamu ketahui saat melakukan mudik dengan mobil listrik.

1. Cek Kondisi Mobil Anda di Bengkel Resmi 

Para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan konvensional maupun kendaraan listrik, wajib melakukan pengecekan ke bengkel resmi sebelum memulai perjalanan mudik.

BACA JUGA:Nikmati Kenyamanan Mudik dengan Fasilitas Terbaru di SPKLU Rest Area KM 6B Jakarta-Cikampek

Pengecekan sangat penting dilakukan untuk memastikan seluruh bagian kendaraan dalam kondisi baik, sehingga kendaraan siap untuk menempuh perjalanan jauh dalam kondisi prima.

2. Pastikan Baterai Cukup Untuk Sampai Tujuan

Untuk memastikan bahwa baterai cukup untuk melakukan perjalanan mudik, Anda perlu menentukan rute perjalanan yang efektif terlebih dahulu, agar kapasitas yang dimiliki oleh kendaraan dapat cukup untuk sampai ke tujuan.

Mobil listrik seperti Hyundai, dengan lini seperti Ioniq 5 Standard Range (Prime & Signature), memiliki jarak tempuh yang jauh hingga 384 km, sehingga sangat cocok untuk melakukan perjalanan mudik.

BACA JUGA:Tips Aman Menyalip Kendaraan Truk Fuso dan Mengenal Kode Lampu Sein

Ioniq 5 Long Range (Prime) memiliki jarak tempuh hingga 481 km, sedangkan Ioniq 5 Long Range (Signature) memiliki jarak tempuh hingga 451 km.

Sementara itu, Ioniq 6 dapat menempuh jarak yang lebih jauh hingga 519 km per pengisian daya.

3. Ketahui Terlebih Dahulu Lokasi Charging Station di Perjalanan Mudikmu Nanti

Pengguna mobil listrik juga sebaiknya mengetahui lokasi charging station yang akan dilalui sepanjang rute perjalanan ke tempat tujuan. Ini termasuk mencari charging station di luar rest area untuk menghindari antrian yang padat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber