Tips Aman Menyalip Kendaraan Truk Fuso dan Mengenal Kode Lampu Sein

Tips Aman Menyalip Kendaraan Truk Fuso dan Mengenal Kode Lampu Sein

Tips Aman Menyalip Kendaraan Truk Fuso dan Mengenal Kode Lampu Sein-@jcomp-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Menyalip kendaraan truk fuso dapat menjadi situasi yang menantang dan berisiko. truk fuso umumnya lebih besar dan lebih lambat dari kendaraan penumpang, sehingga memerlukan perencanaan dan pengambilan keputusan yang hati-hati saat menyalip.

Selain itu, penting untuk memahami kode lampu sein pengendara truk untuk dapat memprediksi pergerakan truk tersebut.

Lampu indikator sebelah kanan menyala

Apabila pengemudi truk atau bus menggunakan lampu sein kanan, hal ini mengindikasikan kepada pengendara di belakangnya untuk tidak mendahuluinya. Mengutip dari garasi.id Isyarat ini menandakan adanya kemungkinan adanya kendaraan dari arah berlawanan.

Lampu indikator sebelah kiri menyala

Sementara lampu sein kiri yang berkedip menandakan bahwa pengemudi truk atau bus memberikan isyarat kepada pengendara di belakangnya untuk melakukan pemanuver mendahului, karena tidak ada kendaraan dari arah berlawanan. Meskipun demikian, penting untuk tetap memperhatikan area blind spot sebelum memutuskan untuk mendahului.

BACA JUGA:Vespa GTS Super Tech Skutik Standar dengan Performa Terbaik

Isyarat dengan Lampu Hazard

Selain menggunakan lampu sein, para pengemudi juga sering kali menggunakan lampu hazard atau lampu utama sebagai isyarat. Ketika kendaraan di depan tiba-tiba menyalakan lampu hazard, itu menandakan adanya kondisi darurat, bahaya, atau hambatan lain di jalan.

Pengemudi lain diharapkan untuk mengurangi kecepatan dan juga menyalakan lampu hazard mereka sebagai tanda peringatan. Lampu hazard seringkali digunakan untuk memberitahu adanya kendaraan yang rem blong, jalan berlubang, kecelakaan, atau kendaraan yang mogok yang dapat menghambat perjalanan.

Isyarat dengan Lampu Utama

Biasanya, lampu utama akan selalu dinyalakan oleh pengemudi pada malam hari untuk memberikan penerangan saat berkendara. Namun, ketika menemui bus atau truk dengan lampu utama mati, itu bisa menjadi isyarat khusus yang diberikan oleh pengemudi.

Kadang-kadang, ini dapat menandakan adanya masalah dengan sistem rem kendaraan. Selain itu, terdapat juga isyarat dengan menggunakan lampu DIM. Ketika pengemudi di belakang ingin mendahului kendaraan di depannya, mereka seringkali memberikan isyarat dengan menyalakan lampu DIM.


Tips Aman Menyalip Kendaraan Truk Fuso dan Mengenal Kode Lampu Sein-@Tomas Horak-unsplash

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber