Tenang dan Hikmat, Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas I Pakjo Palembang Laksanakan Solat Idul Fitri

Tenang dan Hikmat, Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas I Pakjo Palembang Laksanakan Solat Idul Fitri

Tenang dan Hikmat, Ratusan Warga Binaan Lapas Kelas I Pakjo Palembang Laksanakan Solat Idul Fitri-Foto/luthfi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sebanyak 350 warga binaan permasyarakatan mengikuti Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah berjamaah di lapangan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas Kelas I Pakjo Palembang dengan tenang dan hikmat. Rabu, (10/4/2024).

Kepala Lapas Kelas I Pakjo Palembang, David Rosehan mengatakan pagi hari ini Rutan Kelas I Pakjo Palembang menggelar solat Ied berjamaah yang diikuti ratusan warga binaan secara aman, terbit dan lancar.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini kita telah melaksanakan Shalat Idul Fitri secara berjamaah dan berlangsung secara damai dan tertib," ujar David.


David Rosehan, Kalapas Rutan Kelas I Pakjo Palembang-Foto/luthfi-PALTV

Dikatakan David, sebanyak 350 wargaa binaan mengikuti jalannya solat idul Fitri di lapas Kelas IA Pakjo Palembang.

BACA JUGA: Ribuan Umat Muslim Padati Lapangan Parkir PS X Mall Gelar Sholat ID Berjamaah

"Yang mengikuti Shalat Idul Fitri kali ini sebanyak 350 warga binaan," ucapnya. Ustad Imam Fajri dalam khotbahnya menjelaskan tujuan dari puasa sendiri membentuk ketaqwa baik kepada Allah maupun Manusia.

"Sebagaimana tujuan puasa dalam menciptakan manusia yang bertakwa tapi kan selama ini pemahaman taqwa itu hanya satu, padahal ada dua bentuk taqwa itu yakni taqwa sosial dan taqwa spiritual," ujar Ustad Umam Fajri.

Masih dikatakannya, tidak hanya menjaga hubungan dengan Allah namun sesama manusia juga wajib menjaga hubungan.


Ustad Umam Fajri-Foto/luthfi-PALTV

"Menjaga hubungan baik dengan Allah itu harus, tapi kita juga harus menjaga hubungan baik dengan manusia jangan menyakiti manusia saling toleransi dan saling memahami, itu merupakan hikmah daripada idul Fitri kali ini," katanya.

Sehingga, tujuan dari tausyah ini supaya warga binaan dapat mengambil hikmah atas semua yang sudah terjadi agar menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepannya.

"Tujuannya kita semua yang ada dirutan ini senantiasa bisa memperbaiki diri dan mengambil hikmah atas semua yang sudah terjadi," ujarnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: