Pengalaman Mendebarkan di Puncak Merapi, Eksplorasi Gunung Berapi Terbesar di Jawa Tengah

Pengalaman Mendebarkan di Puncak Merapi, Eksplorasi Gunung Berapi Terbesar di Jawa Tengah

Pengalaman Mendebarkan di Puncak Merapi, Eksplorasi Gunung Berapi Terbesar di Jawa Tengah--Foto: instagram@rezaagilm

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Bagaimana jika Gunung Merapi, dekat Yogyakarta, adalah salah satu gunung berapi terkuat di dunia?

Merapi adalah salah satu dari sekitar 500 gunung berapi di Indonesia, lebih dari 129 di antaranya aktif dalam busur vulkanik yang membentang di kepulauan Asia-Pasifik, yang dikenal

Di bawah bayang-bayang gunung berapi. , khususnya di Pulau Jawa. Saat Anda menyebut Gunung Merapi, gunung berapi yang menjadi pusatnya, rasanya seperti berada di atas bom waktu. penting bagi kehidupan.

Milik raja dan rakyat jawa. Apa itu? Saat Merapi meletus, lava, abu, dan mineral terlepas ke kawasan tersebut. Semua ini menyuburkan tanah, menjadikan kawasan Merapi salah satu kawasan tersubur dan terpadat penduduknya di dunia.

BACA JUGA: Tips Untuk Handsfree dan Headphone Terbaik Tahun 2024, Bikin Rilek Apalagi Saat Sedang Berkendara

Gunung berapi besar berbentuk kerucut ini dan puncaknya menjulang hingga ketinggian 2.911 meter di atas permukaan laut. itu menentukan kehidupan para penguasa kuno dan kerajaan mereka.

Pada awal abad ke-11, kerajaan Mataram kuno menghilang secara misterius dan kekuasaan kerajaan tiba-tiba berpindah ke Jawa Timur. Para ilmuwan meyakini jatuhnya

Kerajaan Mataram disebabkan oleh letusan dahsyat Gunung Merapi pada tahun 1006 Masehi. C., yang menutupi area sekitar Candi Borobudur dengan abu vulkanik.

Pada akhir Oktober 2010, terjadi letusan terparah Merapi. Saat itu, letusan Merapi menewaskan 353 orang, sebagian besar akibat banjir lahar. Ini merupakan letusan terparah sejak letusan dahsyat tahun 1870.

Pasca letusan tahun 2010, Gunung Merapi sudah tenang. Masyarakat di sekitar Merapi juga sudah terbiasa tinggal di dekat gunung berapi dan menganggap suara gemuruh dan batuk sebagai fenomena alam.


Pengalaman Mendebarkan di Puncak Merapi, Eksplorasi Gunung Berapi Terbesar di Jawa Tengah--foto: instagram@pemandangan jogja

Gunung Merapi juga berperan penting dalam penciptaan dunia. . sultan Keraton Yogyakarta dibangun dalam satu baris, menghadap Gunung Merapi. Merapi juga diyakini dilindungi oleh roh yang rutin melakukan pengorbanan kepada gunung tersebut.

Penduduk setempat sangat menghormati kekuatan Gunung Merapi. Setiap tahun pada peringatan penobatan sultan, upeti (labuhan) dibawa dari keraton ke Gunung Merapi. Pada saat yang sama, pengiriman serupa dilakukan di wilayah selatan Samudera Hindia.

Kedua pelepasliaran ini diperkirakan akan mengganggu makhluk halus penjaga gunung dan laut, sehingga masyarakat Jawa dapat tetap hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: