Peningkatan Permintaan Kredit Kendaraan dan KTA Sambut Lebaran 2024

Peningkatan Permintaan Kredit Kendaraan dan KTA Sambut Lebaran 2024

Peningkatan Permintaan Kredit Kendaraan dan KTA Sambut Lebaran 2024--Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Selama Ramadan dan Lebaran 2024, sejumlah lembaga keuangan melaporkan pertumbuhan dalam pembiayaan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Misalnya, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) mencatat adanya peningkatan permintaan kredit kendaraan bermotor menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, menjelaskan bahwa lonjakan permohonan kredit kendaraan bermotor yang diterima oleh BCA dipicu oleh acara BCA Expoversary 2024 offline di Jakarta dan tujuh kota besar lainnya di Indonesia. Pada Desember 2023, jumlah outstanding KKB BCA meningkat 20,8% secara tahunan menjadi Rp56,9 triliun.

Hera berharap, tren positif ini akan berlanjut sepanjang tahun 2024, sejalan dengan estimasi pertumbuhan ekonomi nasional yang positif. Peningkatan ini juga terkait dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kendaraan bermotor menjelang mudik Lebaran.

Untuk mendorong pertumbuhan ini, BCA juga menyediakan fasilitas kredit kendaraan bermotor dengan syarat pengajuan yang mudah dan proses persetujuan yang relatif cepat.

BACA JUGA:Rupiah Tertekan pada Sebulan Terakhir dan begini Prospek Rupiah Pasca Lebaran

Selain itu, BCA juga proyeksikan kenaikan jumlah transaksi, termasuk transaksi Paylater BCA di aplikasi myBCA, menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, sesuai dengan peningkatan tren konsumsi masyarakat. "Hingga saat ini, kami melihat minat yang tinggi dari masyarakat terhadap peluncuran fitur Paylater BCA di aplikasi myBCA.

Dari peluncurannya pada Oktober lalu, kami melihat adanya peningkatan transaksi yang menunjukkan tren positif," ungkapnya. Seiring dengan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif di tahun 2024, BCA berharap transaksi dengan fitur Paylater BCA akan terus meningkat, yang pada gilirannya akan berdampak pada pertumbuhan kredit konsumsi BCA.

Selain BCA, PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) juga menekankan pada KKB dan KTA sebagai bagian dari fokus bisnis di segmen ritel. KKB CIMB Niaga, misalnya, melihat peningkatan pembiayaan melalui kanal anak perusahaan dan multifinance lainnya dengan skema joint financing. 

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi, mencatat bahwa total pembiayaan per posisi Maret 2024 diprediksi akan terus meningkat secara tahunan, terutama pada sisi pembiayaan CNAF. 

BACA JUGA:Pemakaian Pertamax Paling Tinggi, Konsumsi BBM Diprediksi naik 56 Persen Selama idul Fitri 2024

Meskipun penjualan kendaraan nasional masih menghadapi tantangan hingga kuartal pertama 2024, CIMB Niaga tetap berupaya untuk tumbuh dengan mengembangkan produk dan memperluas cakupan pembiayaan, termasuk pembiayaan kendaraan roda dua.

Di sisi lain, penjualan sepeda motor sempat menjadi kekhawatiran banyak pihak menjelang Ramadan. Namun, telah terjadi peningkatan penjualan sepeda motor menjelang Lebaran tahun ini. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan kekhawatiran terhadap penjualan mobil dan sepeda motor yang anjlok pada akhir Februari 2024, meskipun tingkat konsumsi masyarakat masih terbilang baik. Hal ini dipicu oleh penurunan daya beli yang menyebabkan peningkatan tekanan terhadap pembelian barang durable goods.

Namun, dua perusahaan pembiayaan besar, Adira Finance dan Mandiri Utama Finance, melaporkan peningkatan dalam penyaluran pembiayaan sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber