9 Tempat Wisata di Bitung, Banyak Pantainya dan Pemandangannya Menakjubkan

9 Tempat Wisata di Bitung, Banyak Pantainya dan Pemandangannya Menakjubkan

Tempat Wisata di Bitung, Banyak Pantainya dan Pemandangannya Menakjubkan, Pantai Batu Angus --Foto : instagram/@ kathleencgbr

 

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dikenal sebagai kota pelabuhan, tempat wisata Bitung ini mempunyai keindahan alam yang tidak boleh dianggap remeh.

Terletak di ujung Sulawesi Utara, Bitung merupakan keindahan alam yang memukau pengunjung dengan keajaibannya.

Dari wisata pantai hingga destinasi hutan, telah menjadi magnet bagi banyak wisatawan domestik dan internasional.

Ingin tahu tempat wisata di Bitung yang bisa anda kunjungi saat berlibur di Bitung? Simak tips wisata terbaik di Bitung berikut ini:

 

1. Pantai Batu Angus

Kalau ngomongin tempat wisata populer di Bitung, Pantai Batu Angus patut masuk dalam daftarnya. Pasalnya, tempat wisata ini memiliki alam yang begitu indah sehingga dianggap sebagai surga dunia. Pantai Batu Angus 19 km dari Kota Bitung, terletak di Kasawari, Artemba, Kota Bitung, sesampainya di sana anda akan dibuat takjub dengan birunya laut, pasir putih dan bebatuan hitam yang menghiasi pantai ini. 

BACA JUGA:Desa Kete Kesu: Wisata Tradisional Toraja yang Mempesona

Airnya jernih dan Anda bisa melihat dasarnya. Tentu saja banyak wisatawan yang lebih memilih tempat ini sebagai tempat snorkeling.

Selain itu, Anda juga bisa menjelajahi semua tempat wisata di Bitung. Karena setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, pemandangannya tidak akan pernah membosankan.

 

2. Selat Lembeh

Jauh dari Pantai Angus terdapat Selat Lembe yang tak kalah indahnya dengan pantai lainnya. Selat ini merupakan hamparan perairan sepanjang 12 km yang memisahkan Pulau Sulawesi dan Lembeh. Tak heran jika setiap harinya banyak perahu yang melintas.

BACA JUGA:Smoothie Semangka dan Stroberi Dengan Lima Bahan Ini Jadi Penyelamat Kulit di Musim Panas.

Tempat wisata ini bisa dikatakan sebagai harta karun Bitung yang terpendam. Kebanyakan wisatawan belum mengetahui tentang tempat wisata ini. Faktanya, Selat Lembeh menjadi rumah bagi banyak spesies laut eksotik yang hanya bisa ditemukan di Sulawesi. Snorkeling memungkinkan Anda menikmati keanekaragaman biota laut. Menikmati matahari terbit dan semilir angin pagi di tempat wisata ini merupakan kegiatan yang menarik.

 

3. Monumen Trikora

Bitung tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya tetapi juga terkenal sebagai tempat yang patut untuk dikunjungi. Berlokasi di Pulau Lembe, tempat wisata di Bitung ini bisa Anda kunjungi dengan menggunakan perahu. Hanya 15 menit dari Pelabuhan Bitung, Anda akan terkesima dengan bangunan setinggi 61 meter.

Monumen Trikora mewakili perjuangan warga Bitung dan sekitarnya melawan Belanda. Ini merupakan peringatan bagi para pahlawan yang gugur pada masa itu. Rumah serba putih ini tampak megah dari jauh maupun dekat. Saking indahnya, banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk berfoto.

BACA JUGA:Danau Tempe, Lokasi Berbagai Upacara Adat di Jantung Sulawesi Selatan

 

4. Pantai Serena

Meski Bitung bukan kota terbesar, namun memiliki sejuta keindahan alam yang tak bisa dipungkiri. Pantai Serena merupakan salah satu pantai indah yang bisa dikunjungi semua orang. Lokasinya tidak jauh dari kota. Jaraknya sekitar 14 km dari Bitung dan 57 km dari kota Manado.

Setiap pengunjung akan terkesima dengan tebing-tebing yang membentuk lengkungan indah. Menariknya, busur ini terbuat dari kayu. Saat memasuki bagian luar pantai, Anda akan disambut dengan birunya laut dan pasir putihnya.


Pantai Serena merupakan salah satu pantai indah yang bisa dikunjungi semua orang --Foto : instagram@miyosiariefiansyah

 

5. Cagar Alam Tangkoko

Jika Anda bergerak ke utara, Anda akan menemukan Cagar Alam Tangkoko, rumah bagi satwa unik Sulawesi. Cagar Alam Tangkoko yang terletak di Gunung Dua Bersaudara dan Batu Putih merupakan destinasi wisata edukasi yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Di sana Anda bisa mengamati kehidupan monyet hitam Yaki atau Sulawesi.

BACA JUGA:Menjelajahi Sensasi Kuliner Thailand dengan Yum Khom Chin: Salad Segar yang Menggoda Lidah 

Anda juga bisa melihat tarsius yang aktif di pepohonan, tidak hanya tanamannya yang banyak jenisnya, tempat wisata di Bitung ini juga asri dengan berbagai jenis tanamannya. Bagi yang baru pertama kali datang ke Bitung, sulit menuju ke sana karena banyak peralihan. Untuk memudahkan perjalanan Anda, ada paket wisata Cagar Alam Tangko Koh yang bisa Anda pesan melalui aplikasi online terpecaya.

 

6. Air Terjun Parom

Jika Anda berada di Bitung Utara, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Parom yang berjarak 3 kilometer dari kota. Destinasi ekowisata ini menyuguhkan pemandangan air terjun setinggi 26 km yang dikelilingi tebing berbatu. Uniknya, di dekat air terjun terdapat bebatuan berbentuk kepala gajah.

Tidak hanya keindahan alam yang menonjol, Anda juga bisa bersantai di kolam di bawah air terjun. Bagi yang suka olahraga ekstrim, naiklah ke puncak tebing yang terdapat rumah panjat tidak jauh dari kawasan air terjun.

BACA JUGA:Eksplorasi Karst yang Mengagumkan di Taman Nasional Bantimurung, Destinasi Impian Para Petualang

 

7. Pantai Kanada

Diberkati dengan pantainya yang indah, Bitung memiliki banyak spot pantai yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah pantai Kanada yang menyuguhkan pemandangan pantai yang indah. Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya yang dihiasi berbagai pepohonan ini akan tampil baru. Untuk mencapai tempatnya, dibutuhkan perjalanan yang cukup lama menuju tempat wisata di Bitung ini. Waktu tercepat yang bisa Anda tempuh dari kota adalah 41 menit dengan jarak 22 km.

 

8. Gunung Dua Bersaudara

Ingin merasakan seperti apa pendakian di Bitung? Mount Two Brothers harus ada dalam rencana liburan Anda. Alamat kedua Maunga bersaudara ini adalah Desa Madidir, Kecamatan Madidir Bitung. Anda bisa menyewa mobil untuk menuju ke tempat tersebut. Jaraknya 16 km dan waktu perjalanan 38 menit.

Tempat wisata ini merupakan gunung tidak aktif dan gunung tertinggi di kawasan sebelah timur Gunung Klabat. Ketinggiannya sekitar 1.351 meter di atas permukaan laut, sehingga belum banyak orang yang mendakinya sehingga sulit untuk didaki hingga ke bahu wisatawan yang suka jalan kaki.

BACA JUGA:Menikmati Liburan Sambil Menimba Ilmu di Museum Balla Lompoa, Destinasi Sejarah Terbaik di Gowa


Pantai Tanjung Merah menawarkan pemandangan lautan luas yang menakjubkan --Foto : instagram/@monalisa_kondoy

 

9. Pantai Tanjung Merah

Tidak lengkap rasanya kalau belum menikmati wisata bahari ketika berlibur di Bitung. Pantai Tanjung Merah menawarkan pemandangan lautan luas yang menakjubkan. Apalagi lokasinya yang tak jauh dari pusat, membuat pantai cantik ini mudah untuk dijangkau.

Tidak seperti namanya, pantai ini memiliki pasir pantai berwarna hitam yang eksotis. Dari pinggir pantai, kamu juga bisa melihat kapal feri yang tengah melintas menuju Pelabuhan Bitung. Objek wisata ini cocok dijadikan tempat bersantai ditemani pemandangan laut yang menawan.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Bitung yang siap membuat liburanmu makin seru dan berkesan. Tak sabar ingin menjelajahi tempat-tempat tersebut? Segera rencanakan liburanmu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber