9.882 Usulan Masuk Dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025

9.882 Usulan Masuk Dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali menyerahkan penghargaan pada pemerintah kecamatan dan desa dalam acara Musrenbang.-Foto/mardiansyah-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sebanyak 9.882 usulan masuk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, dan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, di Ballroom Hotel The Melio Enim, Rabu (27/3).

Pada Musrenbang tersebut dibuka langsung Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali Ma dan menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu Direktur Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah Kementerian PPN/Bappenas Ir Rohmad Supriyadi MSi, Perencana Ahli Madya Bappeda Provinsi Sumsel Joni Awaludin SE MA, MT dan Tenaga Ahli Pendamping RPJPD Bappeda Muara Enim Prof Dr Ir Andy Mulyana MSc.

Kepala Bappeda Muara Enim Ir H Mat Kasrun MSi memaparkan bahwa penyusunan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2025 telah melalui sejumlah tahapan.


Bj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali didampingi Kepala Bappeda Muara Enim Ir H Mat Kasrun MSi saat di wawancarai.-Foto/mardiansyah-PALTV

 "Mulai dari Forum Konsultasi Publik, Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan, Forum Perangkat Daerah hingga akhirnya Musrenbang Kabupaten," ujarnya.

Begitu pun dengan penyusunan RPJPD 2025-2045, tahapannya diawali dengan evaluasi RPJPD 2005-2025 hingga Musrenbang RPJPD yang digelar hari ini.

"Usulan kegiatan melalui SIPD RI berjumlah 9.882 usulan. 8.139 usulan masyarakat dari musrenbang tingkat desa dan tingkat kecamatan yang diinput melalui SIPD RI oleh Perangkat Daerah Kecamatan dan 1.743 usulan pokok-pokok pikiran DPRD melalui laporan hasil reses tahap 1 yang diinput melalui SIPD RI,"terangnya.

Dirinya juga menyampaikan tema pembangunan di tahun 2025 yaitu "Memperkuat Ketahanan Ekonomi Untuk Pembangunan Berkelanjutan" yang diarahkan pada penguatan ketahanan ekonomi masyarakat khususnya di bidang ketahanan pangan dan pertanian, serta pemerataan layanan infrastruktur dasar.

BACA JUGA:Info Seputar Mobil Wuling Terbaru dan Harganya, Mulai dari Wuling Almaz Hybrid Sampai Wuling Binguo

"Adapun 4 Prioritas Pembangunan di tahun 2025, antara lain Meningkatkan Ketahanan Ekonomi dan Pangan Masyarakat, Meningkatkan Pemerataan Layanan Infrastruktur Dasar, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia serta Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup dan Ketahanan Bencana," tandasnya.

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali menyampaikan beberapa hal terkait dengan RKPD 2025 dan RPJPD 2025-2045, salah satunya harus tetap ada program prioritas unggulan yang bisa mendorong peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Kabupaten Muara Enim ini adalah tengah-tengah Provinsi Sumsel dan juga kabupaten yang seksi, banyak mata menuju ke sini, tinggal masalahnya apakah kita bisa masuk atau tidak, itulah yang perlu kita susun dalam RKPD dan RPJPD ini," ujar Rizali.

BACA JUGA:3 Oknum Pegawai Pajak Didakwa Menerima Gratifikasi Pajak Dari Beberapa Perusahaan

Pj Bupati mengungkapkan, poin pertama yang harus menjadi perhatian adalah potensi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat perusahaan daerah (perusda).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: