Jangan Sampai Dilewatkan! Ini Keutamaan Sahur saat Puasa Ramadhan, Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Jangan Sampai Dilewatkan! Ini Keutamaan Sahur saat Puasa Ramadhan, Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan Sahur saat puasa Ramadhan, Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Di bulan ramadhan umat islam diwajibkan berpuasa. Sebelum melaksanakan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, umat islam dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu.

Makan sahur termasuk salah satu ibadah. Walaupun amalan ini hukumnya sunnah, tetapi memiliki keutamaan yang penuh berkah.

Sahur adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan seseorang sebelum berpuasa dan sebelum memasuki waktu imsak atau waktu adzan subuh. Sahur bukan hanya sekadar makan dan minum yang bertujuan untuk mengenyangkan perut saja, tetapi sahur termasuk salah satu ibadah yang di dalamnya terdapat banyak keberkahan. Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda:

"Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Catat! Ini Waktu-waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasannya! 

Sahur merupakan salah satu ibadah yang berpahala. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan waktu sahur, meskipun hanya minum air putih atau sebutir kurma. Selain untuk menjaga kesehatan agar tetap kuat menjalani puasa seharian, sahur juga bernilai ibadah bagi yang melaksanakanya.

 Dilansir dari laman NU Online. Agar memperoleh keberkahan sahur pun dianjurkan dikerjakan pada waktu terbaik. Nabi Muhammad SAW menganjurkan bahwa waktu terbaik untuk sahur adalah diakhir waktu atau menjelang waktu subuh. Mengenai sunnah mengakhirkan makan sahur di sini disebutkan dalam hadits riwayat Abu Dzar, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 "Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka dan mengakhirkan sahur." (HR. Ahmad).

Selain penuh berkah, ada banyak lagi keutamaan sahur saat puasa ramadhan. Yang mana telah paltv.disway.id rangkum dari berbagai sumber.

 BACA JUGA:Ini Keutamaan Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadan yang Wajib Diketahui Muslim, Rugi Jika Tidak Dilakukan!


Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa--Foto : Freepik.com/freepik

 

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Keutamaan sahur saat puasa ramadhan bagi umat Islam yang pertama adalah merupakan waktu terbaik untuk dikabulkannya segala doa dan keinginan. Pada saat sahur, Allah SWT akan turun ke langit-langit dunia dan akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber