Jangan Sampai Dilewatkan! Ini Keutamaan Sahur saat Puasa Ramadhan, Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Jangan Sampai Dilewatkan! Ini Keutamaan Sahur saat Puasa Ramadhan, Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

Keutamaan Sahur saat puasa Ramadhan, Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa--Foto : Freepik.com/freepik

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Rabb kita tabaroka wa ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Dia berfirman: "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni."(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Anak-Anak Bermain di Masjid Selama Shalat, Tidak Perlu Dimarahi, Tetapi Lakukan Dua Hal Ini

 

Mendapat Ampunan Dari Allah SWT

keutamman sahur selanjutnya adalah mendapat ampunan dari Allah SWT. Pada waktu sahur Allah SWT mengabulkan segala permintaan hambanya ketika berdoa. Momentum inilah merupakan berkah yang bisa diperoleh seseorang yang makan sahur sebelum berpuasa.

Hal itu tercantum dalam ayat Al-Qur'an bahwa waktu sahur ialah waktu terbaik untuk beristighfar dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Sebagaimana yang tercantum dalam al-Qur'an surat Ali 'Imran ayat 17, yang artinya:

"(Yaitu) orang-orang yang bersabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur." (Q.S Ali 'Imran: 17)

 BACA JUGA:Aturan Ketat Arab Saudi: Jemaah Dilarang Melakukan Umrah Kedua Kali Selama Ramadan


Keutamaan sahur saat puasa ramadhan --Foto : Freepik.com/freepik

 

Mendapatkan Shalawat dari Allah SWT dan Malaikat

Keutamaan sahur saat puasa ramadhan yang bisa didapat oleh umat Islam adalah mendapat berkah shalawat dari Allah SWT dan para malaikat-Nya. Sebagai mana hal itu tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, dari Abu Sa'id Al-Khudri, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur." (HR. Ahmad).

Itulah beberapa keutamaan sahur saat puasa ramadhan. Semoga bermanfaat dan jangan sampai melewatkan sahur selama bulan Ramadan, karena ada bannyak keberkahan didalamnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber