Penyebab dan Cara Penanganan Lampu Indikator Mesin yang Menyala pada Kendaraan Bermotor

Penyebab dan Cara Penanganan Lampu Indikator Mesin yang Menyala pada Kendaraan Bermotor

Kebenaran Tentang Lampu Periksa Engine 0-16 --Foto : ss youtube Scotty Kilmer

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Lampu indikator mesin yang menyala menjadi salah satu hal yang seringkali membuat para pengendara merasa khawatir. Hal ini dapat terjadi pada kendaraan bermotor seperti mobil maupun motor.

Lampu indikator yang menyala bisa menandakan adanya masalah pada sistem kendaraan yang perlu segera ditangani. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara jelas tentang penyebab munculnya lampu indikator mesin yang menyala dan cara penanganannya.

 

Penyebab Lampu Indikator Mesin Menyala

Sensor Oksigen (O2 Sensor) Rusak atau Kotor

Sensor oksigen berperan penting dalam mengukur jumlah oksigen dalam gas buang kendaraan. Jika sensor ini rusak atau kotor, bisa menyebabkan lampu indikator mesin menyala. Penyebab kotor bisa berasal dari kerak atau kotoran yang menempel pada sensor tersebut.

BACA JUGA:Mengungkap 7 kelebihan Mobil Modifikasi Turbo yang Signifikan

 

Masalah pada Sistem Pembakaran (Ignition System)

Masalah pada sistem pembakaran seperti busi yang rusak, kabel busi yang putus, atau koil yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab lampu indikator mesin menyala. Gangguan pada sistem ini akan mempengaruhi kinerja mesin dan menghasilkan emisi yang tidak normal.

 

Katalisator Tersumbat atau Rusak

Katalisator berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan. Jika katalisator mengalami penyumbatan atau kerusakan, maka lampu indikator mesin bisa menyala sebagai tanda adanya masalah pada komponen tersebut.

BACA JUGA:Di Tahun 2024, Motor Honda Sonic 150R Tetap Eksis ! Inilah Harga Baru dan Harga Bekas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber