5 Mainan Hot Wheels yang Banyak Diburu Kolektor Diecast

5 Mainan Hot Wheels yang Banyak Diburu Kolektor Diecast

Koleksi hot wheels Ahmad Ramli.-paltv.co.id/Ahmad Ramli-

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mungkin sebagian orang tidak mengetahui bahkan mereka tidak paham kenapa mainan hot wheels ini banyak diburu oleh kolektor diecast, hingga mereka membentuk suatu kelompok komunitas dari kalangan tertentu. Lalu, bagaimanakah sejarah hot wheels?

Dihimpun dari berbagai sumber, awalnya mainan hot wheels ini diperuntukkan hanya untuk anak-anak dan remaja.

Ide itu datang dari seorang bernama Elliot Handler pendiri Mattel, perusahaan mainan mobil diecast di Amerika Serikat.

Pada tahun 1968, bersama istrinya Ruth, Elliot Handler membuat mainan hot wheels untuk anak laki-laki. Jika Ruth dikenal sebagai penggagas mainan boneka barbie untuk anak perempuan, maka Elliot Handler pun melakukan hal yang sama, yaitu membuat mainan mobil diecast skala 1:64 dengan konsep awal mobil custom atau mobil modifikasi.

BACA JUGA:Daftar Objek Wisata Murah Meriah di OKU

BACA JUGA:Hei Pria Lajang! Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan untuk Menaklukkan Hati Perempuan Rusia

Terinsiprasi dari mobil Harry's Custom Fleetside milik Harry’s Bantley Bradley, seorang desainer mobil sungguhan yang pertama kali bergabung dengan perusahaan Mattel (hot wheels).

Pada tanggal 18 Mei 1968, perusahaan Mattel meluncurkan produksi mainan hot wheels pertamanya. Ada 16 mainan hot wheels yang dibuat pada saat itu dan diberi nama ‘the original 16’ atau dikenal dengan sebutan ‘sweet sixteen’ yang merupakan edisi pertama red line series.

Hot wheels yang pertama dibuat bernama Dark Blue Custom Camaro. Perusahaan Mattel mendulang kesuksesannya, sehingga membuat persaingan yang begitu ketat antar sesama perusahaan diecast lainnya.

Pada tahun 1969, Harry's Bantley Bradley merekomendasikan teman terbaiknya yang bernama Ira Gilford, desainer kedua untuk menggantikan posisinya di perusahaan Mattel tempat Harry's Bantley Bradley berkerja. Harry's Bantley Bradley pun keluar dari perusahaan Mattel milik Elliot Handler.

BACA JUGA:Mahasiswi Unsri Terbitkan Buku Pelestarian Kue Bingen

BACA JUGA:Rendang Jamur Shintake Jadi Alternatif Kuliner Merayakan Tahun Baru Bersama Keluarga dan Sahabat

Ira Gilford pun dengan cepat merancang sketsa membuat mainan hot wheels berikutnya yang diberi nama Spilitin Image, Turero, Turbo Fire dan Twin Mill. Keempat mainan mobil hot wheels ini menjadi mobil in house pertama hot wheels.

Di era tahun 1970, Howard Ress dan Larry Wood desainer berikutnya yang bergabung dengan perusahaan Mattel, memodifikasi casting prototip. Versi inilah yang bernama PW Beach Bomb Side Loader yang dirilis oleh perusahaan Mattel pada tahun 1970.

Di tahun-tahun berikutnya, perusahaan Mattel meluncurkan edisi mainan hot wheels treasure hunt dan super treasure hunt dengan menyematkan logo bola api silver dan emas terletak di tengah card blister hot wheels. Tepatnya di tahun 1995 dan 1999 sampai sekarang, bertujuan untuk menambah daya tarik para kolektor diecast, perusahaan Mattel terus melakukan terobosan dan inovasi terbarunya guna mempertahankan konsumennya.

Nah, setelah sedikit mengulik sejarah hot wheels, berikut ini tips bagi Anda yang ingin mengoleksi mainan mobil-mobilan keren itu. Berdasarkan pengalaman penulis berburu dan menjadi kolektor mainan hot wheels langka edisi tertentu, yang perlu dicamkan adalah pertama jangan asal membeli. Akan lebih baik jika dipelajari terlebih dahulu terutama untuk mengidentifikasi mana mainan yang langka dan mana yang umum di pasaran.

BACA JUGA:Brownies Ikan Gabus Tawarkan Sensasi Nikmat yang Berbeda

BACA JUGA:Nikmatnya Pindang Salai dengan Rasa Unik Khas Palembang

Kebanyakan para kolektor pemburu diecast atau hot wheels mencari mainan yang rilis pada edisi tertentu. Berikut beberapa contoh mainan hot wheels edisi tertentu yang termasuk langka.

1.       Nissan Skyline R34 Super Treasure Hunt

2.       Datsun Bluebird 510 Super Treasure Hunt atau  Datsun Wagon edisi 50th Anniversary.

3.       Drag Bus Anniversary 50th,

4.       Chevy Bel Air Gasser, dan

5.       Volkswagen T Panel 1.

BACA JUGA:Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan, Zat Aditif pada Makanan Ringan Mengintai Kesehatan si Buah Hati!

BACA JUGA:Mengenal Mainan Anak-anak Rusia Boneka Nevalyashka

Lima mainan hot wheels inilah yang menjadi incaran para kolektor diecast. Selain harganya terjangkau, lima hot wheels tersebut bila dijual kembali di kemudian hari, akan lebih banyak mendapatkan cuan.

Harga beli mainan hot wheels pun bervariasi. Hot wheels original dan premium dimulai dari harga sekitar Rp34 ribu, Rp55 ribu, dan Rp120 ribu.

Biasanya para kolektor akan memburu mainan hot wheels edisi tertentu saja. Ketika mereka mendapatkan informasi dari media sosial, para kolektor pemburu ini mulai mencari dari mini market ke mini market lainnya. Bahkan mereka sampai mencari ke mall-mall yang ada di kota Palembang, dan ada juga yang mencari mainan hot wheels di media sosial.

Terhitung sejak tahun 2018 akhir, saya mulai berburu dan membeli mainan hot wheels satu demi satu. Saat ini sudah terkumpul koleksi 417 hot wheels.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: