Mengenal Mainan Anak-anak Rusia Boneka Nevalyashka

Mengenal Mainan Anak-anak Rusia Boneka Nevalyashka

Boneka nevalyashka dari Rusia.-Tangkapan layar twitter.com/@Iloveodessa_eu-

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Barangkali pemirsa pernah melihat atau bahkan punya boneka unik, lucu dan cantik asal negeri Rusia bernama nevalyashka.

Sama populernya seperti boneka matryoshka, boneka nevalyashka sangat digemari dan hampir dimiliki oleh semua anak-anak di Rusia.

Boneka nevalyashka memiliki bentuk menarik yang terdiri dari dua bola berongga, berwarna mencorong atau cerah, dan selalu berdiri atau bangun saat direbahkan.

Namun, barangkali hanya sedikit yang tahu mengenai serba-serbi mainan anak-anak negeri Rusia itu. Mengulik dari laman Russia Beyond, berikut beberapa hal menarik dari boneka Nevalyashka yang patut anda ketahui:

BACA JUGA:5 Jenis Ikan Pindang Khas Palembang

1. Selalu bangun meski direbahkan

Nevalyashka berasal dari kata valyatsya yang berarti berbaring. Dalam arti kata lain boneka ini tidak tergeletak begitu saja (valyaetsya). Nama lainnya adalah van’ka-vstan’ka yang diambil dari nama Ivan (vanka) dan kata vstan’ yang berarti bangun.

Struktur boneka nevalyashka terdiri dari dua tumpukan bola berongga dengan fitur utamanya adalah bobot khusus di dalam bola bawah. Agar boneka selalu kembali ke posisi tegak saat direbahkan, pusat massa boneka diposisikan sedemikian rupa.

2. Setiap anak kecil di Rusia memilikinya

BACA JUGA:Sebelum Memutuskan Mengambil Perumahan, Perhatikan Empat Hal Ini

Visual nevalyashka biasanya terlihat seperti bayi dengan bulu mata yang lucu, mengenakan topi musim dingin putih di kepalanya, dan sarung tangan putih di tangannya yang bundar. Secara harfiah setiap anak di era Uni Soviet hingga Federasi Rusia memiliki mainan ini. Diyakini bahwa nevalyashka baik untuk dimainkan oleh anak kecil tepat pada saat mereka mulai mengembangkan keterampilan motoriknya.

Nevalyashka diturunkan dari generasi ke generasi. Banyak yang masih memiliki boneka-boneka ini yang berdebu di suatu tempat di lemari mereka. Yang lain, sebaliknya, sedang mencari boneka ini, atau interpretasi modern mereka, untuk diberikan kepada anak-anak mereka dengan rasa antusiasme nostalgia.

3. Saudara boneka Matryoshka

Boneka Rusia yang paling terkenal adalah matryoshka, di dalamnya menyembunyikan beberapa mainan yang sama, yang satu lebih kecil dari yang lain. Matryoshka menjadi suvenir populer dari Uni Soviet dan sekarang Rusia, begitu pula nevalyashka sama terkenalnya. Bentuk bundar boneka matryoshka merupakan prototipe nevalyashka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: id.rbth.com