5 Kriya Khas Solo Mempunyai Ciri Oleh-Oleh Tersendiri, dan Museum Arkeologi Karya Seni Yang Menawan

5 Kriya Khas Solo Mempunyai Ciri Oleh-Oleh Tersendiri, dan Museum Arkeologi Karya Seni Yang Menawan

Karya Seni Yang Menawan, Batik Solo --Foto : Instagram/@batiksolosrirejeki

BACA JUGA:Saat kalian Kredit Mobil Bekas, Sebaiknya Tahu Waktu Ideal Berapa Tahun?


Wayang Kulit Jawa yang terdaftar oleh UNESCO --Foto : Instagram/@waton_pak

 

3. Blangkon Serengan

Ingin topi khas Jawa yang dipakai orang di waktu berbeda? Kalau ke Kota Batik, Sobat Pesona wajib coba Blancon Serengan! Blancon tunggal ini terbuat dari bahan kain batik berwarna coklat dengan punggung rata atau mondolan. 

Sobat Pesona bisa menemukan blangkon perorangan ini di Desa Blangkon Serengan. Desa ini merupakan sentra seniman Solo Blancon dan menjadi pusat karya Solo Blancon sejak tahun 1970an. Jadi sobat Pesona bisa mendapatkan tanda presisi berkualitas tinggi dengan harga ribuan rupiah!

 

4. Aneka Barang Antik

Kota Solo kaya akan tradisi dan adat istiadat yang masih bertahan hingga saat ini, dan tidak bisa dipisahkan dari barang antik yang masih ada. Nah, bagi yang gemar mengoleksi barang antik, Kota Solo merupakan surganya jaman dahulu sekaligus pusat oleh-oleh yaitu Pasar Triwindu. 

BACA JUGA:Seorang Ibu Histeris Hingga Jatuh Pingsan Melihat Anak Kesayangan Terbujur Kaku di Kamar Jenazah

Di Pesona budaya, Anda bisa menemukan banyak barang antik di pasar ini, antara lain koin, kertas bekas, topeng, piring tua, keris, batik, perlengkapan rumah tangga, radio bekas, jam tangan bekas, patung, lampu tua, dan mainan kuno. Wah, mengoleksinya seru banget ya?

 

5. Kain lurik

Selain gaun batik, ada gaun yang tidak bisa ditinggalkan dalam kenangan individu: Persona Sahabatku! Kainnya adalah kain Rurik. Baju Kain lurik yang kental dengan tradisi jawa ini sudah ada sejak zaman dahulu dan masih dipakai hingga saat ini.

BACA JUGA:Kelebihan Toyota Fortuner Diesel: SUV Kokoh, Fungsional dan Tampilan Ciamiknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber