5 Kriya Khas Solo Mempunyai Ciri Oleh-Oleh Tersendiri, dan Museum Arkeologi Karya Seni Yang Menawan

5 Kriya Khas Solo Mempunyai Ciri Oleh-Oleh Tersendiri, dan Museum Arkeologi Karya Seni Yang Menawan

Karya Seni Yang Menawan, Batik Solo --Foto : Instagram/@batiksolosrirejeki

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernahkah Anda mendengar tentang  kerajinan kriya Solo, salah satu kesenian terpopuler yang dikenal dengan nama Surakarta atau Batik Solo? Selain itu jajanan Solo ollo seperti Solo Serabi juga banyak digemari di banyak tempat.

Tradisi unik, seperti upacara malam di saluran air, adalah salah satu fitur menarik lainnya di kota ini. Nah, kalau kamu sudah familiar dengan Pesona, pasti ingin mengunjungi kota Solo yang sesungguhnya bukan?

Namun sebelum Anda berangkat atau keluar dari kota budaya ini, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu keindahan khas Solo. Nah, cari tahu di kolom selanjutnya!

1. Batik Solo

BACA JUGA:Pasar 16 Ilir Ditutup, Pedagang Unjuk Rasa Menuntut Pembukaan Pasar

Belum berkunjung ke Kota Batik kalau belum mengoleksi harta karun terbesar Solo, yaitu Batik Solo. Pola batik individu atau disebut juga batik keraton memiliki garis-garis yang lebih tipis dan lebih sedikit dibandingkan jenis batik lainnya. 

Motif batik individu menggunakan latar belakang coklat atau gelap yang menunjukkan sifatnya yang sederhana, lembut dan bersahaja.

Wah, dalam sekali bukan? Oleh karena itu, jika ingin mencari mobil pribadi dan promo, Pesona Hoa bisa mengunjungi Clever Market yang buka mulai pukul 8 sampai 5 sore.

BACA JUGA:Kelezatan Sate Buntel khas Solo, Lembut dan Juicy di Setiap Gigitannya

 

2. Wayang Kulit

Siapa yang ingin melihat pertunjukan Wayang Kulit Jawa yang terdaftar oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Kemanusiaan? Sepertinya sobat Pesona bisa membungkus wayang kulit untuk membuat kenangan!

Boneka bayangan kota solo yang terbuat dari kulit kerbau berukuran lebih besar dari boneka kulit biasa, badannya tipis dan panjang sehingga mempunyai bentuk yang unik disebut juga Gagrak Surakarta. 

Nah sobat yang ingin belajar membuat wayang kulit dan memesannya bisa datang ke Pusat Kreatif Usaha Kecil dan Menengah (IKM) Semangi Harmony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber