Saat kalian Kredit Mobil Bekas, Sebaiknya Tahu Waktu Ideal Berapa Tahun?

Saat kalian Kredit Mobil Bekas, Sebaiknya Tahu Waktu Ideal Berapa Tahun?

Kredit Mobil Bekas, Sebaiknya Tahu Waktu Ideal Berapa Tahun --Foto : instagram/@mobil_tilas99

BACA JUGA:Kredit Macet Pinjaman Online, Penggunaan Uang Buat Tiket Konser hingga Staycation Bagi Anak Muda

 

Perhatikan rasio angsuran terhadap pendapatan Anda

Hati-hati dengan rasio pembayaran/pendapatan, dalam kebanyakan kasus, hal ini tidak akan terjadi. Lembaga keuangan atau perusahaan leasing dapat menanggung beban pembayaran. Lebih dari sepertiga penghasilan Anda. Pada dasarnya, ini adalah cara untuk mencegah gagal bayar yang terjadi karena beban keuangan nasabah yang terlalu tinggi.

Periksa kemampuan finansial Anda dan jangan mengajukan pinjaman jika Anda belum menyelesaikan kredit sebelumnya. Pasalnya, meski uang mukanya lebih tinggi, namun akan lebih cepat lunas tanpa berdampak signifikan terhadap nilai mobil. Jika ingin membeli mobil di kemudian hari, depresiasi saja tidak cukup.

Sudah Tahu Belum, Berapa Batasan Umur Mobil Bekas Yang Bisa Dikredit di Showroom? Begini Jawaban Pedagang

BACA JUGA:OJK Bersih-bersih Bank Perkreditan Rakyat, Beberapa Izin BPR Terpaksa DIcabut


Perhatikan rasio angsuran terhadap pendapatan Anda --Foto : instagram/@graha.mobil

Ketika pembeli membeli mobil bekas dengan pembiayaan atau kredit, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan selain harga, kondisi, dan usia. Umumnya, semakin tua usia mobil, semakin rendah harga belinya. Namun perlu diperhatikan juga bahwa ada batasan usia untuk mobil yang dijual secara kredit di showroom. 

Lembaga keuangan tempat showroom tersebut bekerja menetapkan batasan usia mobil yang dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman. Menurut Riski Maulana, General Manager Fast Automobil, dealer mobil bekas di Tangsel, biasanya mobil tersebut memenuhi syarat pinjaman dalam jangka waktu 10 tahun atau lebih. Saat dihubungi, Jumat (17/9/2021), 

Disebutkan: "Total umur kendaraan bekas yang layak kredit di showroom kami adalah 15 tahun, perangkat peringatan 2007 atau 2008." Risky mengatakan, jangka waktu pelunasan kredit mobil bekas (murah) terbatas. “Untuk kredit mobil bekas tahun itu jangka waktunya paling lama dua tahun.


Batasan Umur Mobil Bekas Yang Bisa Dikredit di Showroom--Foto : [email protected]

Dihitung berdasarkan tahun model mobil 2007 atau 2008 sampai 2021 yang misalnya saja sudah 13 tahun. Jadi kreditnya harus lunas ketika usia mobil sudah 15 tahun," jelasnya.

Jadi kesimpulannya, kami menyarankan Anda untuk mengambil kredit dengan tenor pendek. Alasannya, meski lebih tinggi angsurannya, namun lebih cepat lunas dan tidak banyak berpengaruh pada value dari mobil. Jika nantinya Anda memerlukan untuk menjual mobil, depresiasi harganya pun tidak terlalu besar.(*)

Sudah Tahu Belum, Berapa Batasan Umur Mobil Bekas Yang Bisa Dikredit di Showroom, Begini Jawaban Pedagang – instagram/@graha.mobil.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber