Anda Menderita Asma? Ini Olahraga Yang Cocok Dilakukan

Anda Menderita Asma? Ini Olahraga Yang Cocok Dilakukan

Anda Menderita Asma? Ini Olahraga Yang Cocok Dilakukan--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Penderita asma kebanyakan takut melakukan olahraga karena khawatir terserang sesak nafas akibat aktifitas fisik.

Padahal olaharaga untuk penderita asma tetap dianjurkan. Tentu saja, olahraga ini harus sesuai dengan petunjuk dari dokter, sebab perlakuan akan berbeda pada penderita asma anak-anak, orang dewasa dan penderita lanjut usia.

Adapun bagi mereka yang menderita asma  jenis olahraga dan intensitasnya dipilih dengan bijaksana.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi hubungan antara asma dan olahraga, serta memberikan panduan rinci mengenai jenis olahraga yang aman dan bermanfaat bagi penderita asma.

BACA JUGA:5 Keunggulan Vivo X80, Smartphone Flagship Keluaran Vivo yang Hanya 8 Jutaan!

Hubungan Antara Asma dan Olahraga

Ketika seseorang dengan asma berolahraga, pernapasan melalui mulut dapat memicu reaksi pada saluran udara, mengakibatkan kontraksi otot dan penyempitan jalan napas.

Meskipun demikian, riset menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan dengan benar dapat memberikan dampak positif bagi penderita asma.

Manfaat Olahraga untuk Penderita Asma

Olahraga yang tepat dapat membantu mengendalikan asma dan meningkatkan kualitas hidup. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk penderita asma meliputi secara umum bagi orang dewasa: 

BACA JUGA:5 Keunggulan Vivo X80, Smartphone Flagship Keluaran Vivo yang Hanya 8 Jutaan!

1. Jalan Kaki

Studi menunjukkan bahwa jalan kaki tiga kali seminggu selama 12 minggu dapat mengendalikan asma tanpa memicu gejala. Pastikan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan selama lima menit masing-masing guna hasil yang optimal.

2. Yoga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber