Berikut 5 Jenis Silencer Knalpot yang Dapat Meredam Suara Sepeda Motor!

Berikut 5 Jenis Silencer Knalpot yang Dapat Meredam Suara Sepeda Motor!

Berikut 5 Jenis Silencer Knalpot yang Dapat Meredam Suara Sepeda Motor--Foto : Freepik.com/@fabrikasimf

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Silencer knalpot merupakan komponen utama pada knalpot sebuah sepeda motor. Silencer knalpot ini terdiri atas berbagai komponen yang mempunyai fungsi untuk dapat meredam suara yang dihasilkan sepeda motor saat sedang digunakan.

Suara yang dihasilkan oleh knalpot tersebut dapat berasal dari pembuangan gas saat terjadi proses pembakaran pada mesin motor.

Berbagai bagian penting yang terdapat di dalam silencer knalpot ini seperti partition yang mempunyai fungsi untuk dapat memecah suara pada sepeda motor agar bunyi yang dihasilkan menjadi tidak terlalu keras dan berisik.

Selain itu, terdapat juga berbagai komponen lain seperti glasswool yang mempunyai fungsi untuk dapat meredam dan menghaluskan suara yang dihasilkan sepeda motor saat sedang digunakan.
BACA JUGA:Bukan Hanya Suara, Inilah 5 Perbedaan Knalpot Racing dan Knalpot Standar Pada Sepeda Motor!

Silencer yang terdapat pada knalpot standar dan pada knalpot racing umumnya mempunyai sekat yang berbeda-beda.

Hal yang membedakan antara keduanya yaitu pada knalpot standar tidak terdapat glasswool, sementara pada knalpot racing terdapat glasswool.

Pada saat sepeda motor digunakan, mesin motor akan mengalami proses pembakaran. Pada proses pembakaran tersebut, mesin motor akan menghasilkan gas buang yang perlu dikeluarkan.

Gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor ini selanjutnya akan dikeluarkan melalui knalpot. Saat sisa gas hasil pembakaran tersebut telah masuk pada bagian silencer, suara tersebut akan diredam oleh bagian partition yang terdapat di dalam silencer.

BACA JUGA:Apa Penyebab Karat Pada Knalpot? Inilah 7 Hal yang Menyebabkan Komponen Knalpot Pada Kendaraan Berkarat!

Proses tersebut akan membuat suara sepeda motor menjadi diperhalus oleh bagian silencer knalpot yang bernama glasswool.

Bentuk dan desain dari silencer knalpot ini tentunya sangat berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan oleh sepeda motor.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memasang knalpot pada sepeda motor. Pengendara harus memperhatikan panjang pendek dari silencer dan jenis bahan yang tepat untuk digunakan.

Silencer knalpot yang beredar di pasaran saat ini terbuat dari berbagai bahan yang berbeda. Perbedaan bahan pembuatan tersebut juga membuat harga silencer knalpot menjadi bervariasi dan bergantung pada bahan yang digunakan.

BACA JUGA:Karat Pada Knalpot Sebuah Sepeda Motor? Inilah 7 Tips Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id