Museum Pahlawan Nasional Mayjen TNI AD dr AK Gani Masuk 10 Besar Memori Kolektif Bangsa

Museum Pahlawan Nasional Mayjen TNI AD dr AK Gani Masuk 10 Besar Memori Kolektif Bangsa

Museum Pahlawan Nasional Mayjen TNI AD dr AK Gani masuk 10 besar Memori Kolektif Bangsa, Jum’at (1/3/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Deputi Bidang Konservasi Arsip, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) beserta para Dewan Pakar Arsip melakukan verifikasi lapangan pada hari Jum’at, 1 Maret 2024 ke Museum Mayjen TNI AD dr AK Gani Palembang, yang bertempat di Jalan MP Mangkunegara, sebagai program Memori Kolektif Bangsa (MKB).

Museum dr AK Gani adalah museum yang dikelola secara pribadi. Program Memori Kolektif Bangsa merupakan program khusus yang memfasilitasi pengajuan pengarsipan warisan dokumenter.

Kepala Museum dr AK Gani, Eko Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan verifikasi ini terkait dengan pengajuan program yang diselenggarakan oleh ANRI.

"Program tersebut juga diinisiasi oleh UNESCO. Museum dr AK Gani ke depannya berencana akan lebih eksis baik di nasional maupun tingkat internasional," katanya.

BACA JUGA:Membanggakan! Gerry Utama Alumnus SMA Negeri 2 Sekayu Ikut Misi Rusia ke Antarktika 2024

BACA JUGA:Anggap Penting, Presiden Joko Widodo Buka Muktamar XX IMM 2024 di Palembang


Dr Kandar MAP, Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Jum’at (1/3/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

Sementara itu, Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI Dr Kandar MAP mengatakan, secara keseluruhan dari nilai-nilai naskah sangat baik. Hanya saja keberlanjutan pemeliharaan untuk museum masih kurang.

"Museum ini memerlukan dukungan baik dari Pemerintah pusat, Provinsi, ataupun Kota. Untuk membantu dalam perawatan arsip-arsip tersebut," ujar Dr Kandar.


Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI dan Dewan Pakar Arsip melakukan verifikasi lapangan di Musem Mayjen TNI AD dr AK Gani, Jum’at (1/3/2024).-Ilham Wahyudi-PALTV

Lebih lanjut, Dr Kandar menjelaskan bahwa arsip-arsip yang mengalami kerusakan akan ANRI perbaiki, dengan cara laminasi menggunakan kertas impor yang memiliki daya tahan lama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv