Honda CRV di Indonesia Selama Dua Dekade, Ada Enam Generasi Mobil Honda CRV

Honda CRV di Indonesia Selama Dua Dekade, Ada Enam Generasi Mobil Honda CRV

Honda CRV di Indonesia Selama Dua Dekade, Ada Enam Generasi Mobil Honda CRV--Foto: Instagram@saudara crv

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sejak Honda CRV pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2000, lima generasi kendaraan Honda CRV telah diperkenalkan di Indonesia selama 20 tahun, dan setiap generasi memiliki keunggulannya masing-masing.

CR-V adalah kependekan dari kendaraan kelas SUV yang baik berkendara atau kendaraan dengan kualitas pengendaraan inovatif yang dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2000 cc generasi pertama. Selain itu, pada tahun yang sama, terdapat pilihan penggerak semua roda (AWD) atau penggerak roda depan (FWD)

Dari generasi pertama hingga sekarang, Honda CRV menggunakan platform yang sama dengan Honda Civic Indonesia. Untuk ulasan detail dan menyeluruh mengenai Honda CRV yang diturunkan dari generasi ke generasi, simak ulasan kami di sini.

1. Honda CRV Generasi Pertama

Honda CRV sebenarnya sudah diproduksi sejak tahun 1995, namun baru resmi diluncurkan dan dijual di Indonesia lima tahun kemudian pada tahun 2000. Generasi pertama ini disebut generasi RD1 dan dibekali mesin 2.0L DOHC i-VTEC. Kode mesin F20A.

BACA JUGA:Adele Menyikapi Tantangan Kesehatan Suara, Menunda Residensi Las Vegas untuk Kedua Kalinya

Ada dua pilihan transmisi untuk: transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan dengan penggerak semua roda. Fitur opsional lainnya termasuk sistem pengereman ABS dan dual SRS airbag.

Nama generasi pertama yang mulai diproduksi pada tahun 90an, dan desain eksterior dan interiornya saat itu sangat kuat. Misalnya saja desain eksteriornya yang kokoh namun tidak lancip, serta terdapat tempat penyimpanan ban serep di bagian belakang.

2. Honda CRV Generasi Kedua

Honda CRV generasi kedua yang dikenal dengan generasi CRV RD4 ini mulai diproduksi pada tahun 2002 dan tetap beredar hingga tahun 2007 sebelum generasi ketiga tercipta. Konsep keseluruhannya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, namun desain eksteriornya lebih senyap dan lekukannya lebih sedikit.

Konsep lain yang dipertahankan pada generasi kedua ini adalah suspensi, rak atap, dan peningkatan bodi, namun desain ringan tetap dipengaruhi oleh model dan jenis tumpukan ban yang tepat.


Honda CRV di Indonesia Selama Dua Dekade, Ada Enam Generasi Mobil Honda CRV--foto: Instagram@saudara crv

Fitur eksterior yang diperbarui mencakup bumper, gril, dan lampu depan. Desain lampu kabut melingkar di sudut luar menggantikan pola trapesium.

Ada dua pilihan tenaga mesin. Yakni yang berkapasitas 2.000 cc dengan kode mesin K20A dan 2.400 cc dengan kode mesin K25A1. Kedua model mesin tersebut dipadukan dengan konfigurasi empat silinder segaris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber