5 Kondisi Ini yang Menjadi Penyebab Sepeda Motor Mogok Saat Digunakan Berkendara!

5 Kondisi Ini yang Menjadi Penyebab Sepeda Motor Mogok Saat Digunakan Berkendara!

5 Kondisi Ini yang Menjadi Penyebab Sepeda Motor Mogok Saat Digunakan Berkendara!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Sepeda motor yang mogok atau mati secara mendadak adalah hal yang tidak menyenangkan dan tidak diinginkan oleh para pengendara.

Terdapat berbagai hal yang bisa menjadi penyebab dari sepeda motor mogok atau mati mendadak, sepeda motor bisa menjadi mogok saat berkendara tanpa adanya tanda-tanda terlebih dahulu.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pengendara untuk dapat memahami penyebab dan cara mengatasi kondisi tersebut dengan efektif.

Lalu, apa saja penyebab sepeda motor mogok dan cara mengatasinya? Berikut ini beberapa penyebab sepeda motor mati mendadak dan hal yang dapat dilakukan oleh pengendara dalam mengatasi hal tersebut.

Kehabisan Bahan Bakar

Sepeda motor bisa menjadi mogok dan mati secara mendadak saat berada di perjalanan akibat kehabisan bahan bakar.

Namun, sepeda motor juga dapat mogok akibat pengendara salah dalam memilih bahan bakar. Pengendara terkadang memaksakan untuk menggunakan bahan bakar dengan harga yang sangat murah.

BACA JUGA:Pria di Cengal OKI Jadi Korban Penembakan, Polisi Masih Dalami Motif dan Kejar Pelakunya

Pengendara sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi. Hal ini dikarenakan nilai oktan yang tinggi akan membuat pembakarannya menjadi lebih sempurna dan tingkat polutan menjadi lebih kecil.

Tidak Melakukan Penggantian Oli Motor Secara Rutin

Tidak melakukan penggantian oli motor secara rutin dapat menjadi penyebab utama dari sebuah sepeda motor yang mogok atau mati secara mendadak.

Oleh karena itu, oli motor yang telah lama tidak diganti maka segera untuk menggantinya. Pengendara perlu melakukan penggantian oli motor secara rutin dan pada umumnya perlu dilakukan sebulan sekali.

Oli motor mempunyai usia pemakaian sehingga pengendara perlu menggantinya dengan rutin. Jika pengendara terlambat melakukan penggantian oli motor maka mengakibatkan komponen mesin motor akan mengalami kerusakan.

Mesin Motor Terlalu Panas atau Mengalami Overheat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber