Narapidana Lapas Kayuagung Dukung Ideologi Pancasila melalui Penguatan dari Kepala BPIP

Narapidana Lapas Kayuagung Dukung Ideologi Pancasila melalui Penguatan dari Kepala BPIP

Narapidana Lapas Kayuagung Dukung Ideologi Pancasila melalui Penguatan dari Kepala BPIP--foto/ dok. Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pada Selasa (27/02/2024), Lapas Kelas IIB Kayuagung menjadi saksi acara penting yang melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas Lapas.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., memimpin acara sosialisasi penguatan pembinaan Ideologi Pancasila

Turut hadir dalam acara ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ogan Komering Ilir (OKI).

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila kepada petugas Lapas dan WBP. Acara diadakan di aula Lapas Kayu Agung, menjadi panggung bagi pemahaman mendalam tentang Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional Indonesia.

BACA JUGA:Catat Kurma Medjol Dari Israel : Ajakan Menolak Kurma Israel Semakin Menguat Jelang Ramadhan

Kepala BPIP RI, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., menyampaikan pentingnya menjaga keutuhan ideologi Pancasila di tengah dinamika masyarakat yang semakin kompleks. Dalam konteks pelayanan kepada WBP, Prof. Yudian menekankan pengedepankan sila ke-2 Pancasila: perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan.

Pihak Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, mengapresiasi kehadiran Kepala BPIP RI dalam memberikan sosialisasi. Djaya menegaskan bahwa penguatan ideologi Pancasila bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat, termasuk petugas Lapas dan WBP.

Kepala Lapas Kayu Agung, Jepri Ginting, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kepala BPIP RI atas kehadiran dan penekanan mengenai pentingnya menciptakan lingkungan di dalam Lapas yang mendukung pembinaan ideologi Pancasila.

Ginting menegaskan bahwa seluruh elemen Lapas, baik petugas maupun narapidana, memiliki tanggung jawab untuk memastikan nilai-nilai Pancasila terwujud dalam kehidupan di dalam lembaga tersebut.


Narapidana Lapas Kayuagung Dukung Ideologi Pancasila melalui Penguatan dari Kepala BPIP--foto/ dok. Kemenkumham Sumsel

Setelah acara di aula Lapas selesai, tamu undangan diarahkan menuju Sarana Asimilasi & Edukasi Lapas Kayu Agung untuk melihat kebun dan melakukan latihan menembak di lapangan tembak Lapas Kayu Agung.

Kegiatan pelepasan bibit ikan di kolam pembesaran ikan milik SAE Lapas Kayu Agung turut menjadi bagian dari upaya menciptakan lingkungan yang lebih harmonis di dalam Lapas.

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini, diharapkan pemahaman dan kesadaran akan ideologi Pancasila semakin meningkat baik di kalangan petugas Lapas maupun WBP.

Langkah-langkah seperti ini diharapkan mampu menciptakan masyarakat yang lebih kokoh secara ideologis dan memiliki kesadaran yang lebih tinggi akan nilai-nilai kebangsaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber