Bisa Diamalkan! Berikut Beberapa Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Bisa dilakukan oleh Seorang Muslim

Bisa Diamalkan! Berikut Beberapa Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang Bisa dilakukan oleh Seorang Muslim

Amalan Menyambut Bulan Suci Ramadhan --Foto : Freepik.com/sketchpedia

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hanya tinggal menghitung hari, Ramadhan tahun ini 1445 Hijriyah Tidak lama lagi akan segera tiba. Sebelum bulan suci tersebut tiba ada beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh kaum muslim, serta doa untuk menyambut bulan suci tersebut.

Sebagaimana yang kita ketahui, bulan suci Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan kemuliaan dan keberkahan. umat Islam sepatutnya harus lebih mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan yang hanya bisa dijumpai dalam setahun sekali.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan dimana amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya. Sebagaimana dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup pada bulan ini. Bahkan, setan akan dibelenggu. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

"Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR Ahmad)

 BACA JUGA:Meraih Keberkahan dengan Al-Qur’an Time Ramadhan Kareem


Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan--Foto : Freepik.com/freepik

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti umat islam. Ramadan juga menjadi bulan yang sangat dimuliakan Allah SWT.

Di bulan ini, umat Islam yang mampu diwajibkan menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Menahan lapar dan hawa nafsu sejak matahari terbit hingga tenggelam.

Puasa di Bulan Ramadhan tercantum dalam Al Quran, Surat Al Baqarah Ayat 183. Allah SWT berfirman:

 يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertakwa”. (QS. al-Baqarah, 2:183).

 BACA JUGA:Mau Tahu Resep Takjil Ramadhan Bikin Segar? Berikut Resep Kolak Pisang Ubi dan Kolak Biji Salak

Umat islam dianjurkan untuk memanfaatkan waktu untuk beribadah dengan sebaik mungkin pada bulan suci tersebut. Sebagai upaya untuk mencapai keberhasilan dalam memperoleh keberkahan di bulan suci Ramadhan, umat muslim dianjurkan menjalani beberapa amalan sebelumnya.

Berikut beberapa amalan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang bisa dilakukan oleh kaum muslim. Yang telah paltv.disway.id rangkum dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber