Sepeda Motor Mati Mendadak Akibat Busi Motor? Jangan Panik, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Memperbaikinya!

Sepeda Motor Mati Mendadak Akibat Busi Motor? Jangan Panik, Lakukan 5 Cara Ini Untuk Memperbaikinya!

Sepeda Motor Mati Mendadak Akibat Busi Motor--Foto : freepik-freepik

Debu dan kotoran tersebut umumnya berasal dari proses pembakaran dan perlu untuk dibersihkan. Amplas bisa digunakan oleh pengendara untuk dapat menggosok bagian atasnya dengan satu arah agar kotoran tersebut menjadi hilang.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Busi Motor? Inilah 5 Tanda Busi Pada Sepeda Motor Sudah Perlu Diganti!


Memperbaiki komponen busi motor yang mati dengan menggosok bagian atasnya menggunakan amplas--Foto : Instagram.com/@sentralyamahamedan

Hal tersebut dapat dilakukan berulang kali sampai komponen busi motor tersebut bersih. Setelah itu, pengendara bisa langsung memasang kembali busi motor tersebut pada tempatnya.

Cara ini terbilang cukup ampuh agar busi motor dapat digunakan kembali pada saat mati mendadak di tengah perjalanan.

 

Melakukan Pembakaran Pada Bagian Elektroda

Penyebab busi motor mati secara mendadak di tengah perjalanan dapat terjadi karena kesalahan pada proses pembakaran bahan bakar.

Hal ini dapat menyebabkan bahan bakar menjadi terhisap terlalu banyak, sehingga pada bagian ruang mesin motor akan menjadi penuh.

BACA JUGA:Ini Perbedaan Siginifikan Kinerja Mesin Menggunakan Busi Iridium dan Busi Racing

Oleh karena itu, pengendara dapat mengatur agar pembakaran dilakukan pada elektroda busi, pengendara dapat menggunakan trik dengan membakar bagian elektroda.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan membersihkan komponen busi ini terlebih dahulu, lalu pada bagian elektrodanya dibakar dengan menggunakan api kecil.

Pengendara dapat membakar elektroda dengan menggunakan las atau kompor gas. Setelah itu, pengendara bisa menunggu beberapa menit hingga busi motor dingin.

 

Melakukan Pembakaran Pada Ujung Besi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber