Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Busi Motor? Inilah 5 Tanda Busi Pada Sepeda Motor Sudah Perlu Diganti!

Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Busi Motor? Inilah 5 Tanda Busi Pada Sepeda Motor Sudah Perlu Diganti!

Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Busi Motor? Inilah 5 Tanda Busi Pada Sepeda Motor Sudah Perlu Diganti--Foto : instagram-sabangrayamotor.handil

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Melakukan perawatan terhadap busi motor merupakan salah satu rutinitas berkala yang perlu untuk dilakukan, karena peran busi pada motor terbilang cukup krusial dalam menjaga performa mesin agar tetap stabil.

Busi berfungsi untuk menyalakan sepeda motor dengan membakar udara serta bahan bakar pada ruang mesin dengan mengubah tegangan listrik ke dalam bentuk percikan api.

Jika busi motor bermasalah, sepeda motor akan gagal berfungsi dan tidak dapat dinyalakan. Posisi komponen busi ini tidak dapat dilihat secara langsung melainkan perlu untuk membuka beberapa body motor untuk melihatnya.

Lalu, bagaimana cara pengendara mengetahui bahwa busi masih berada dalam kondisi baik atau sudah perlu diganti?

BACA JUGA:Ini Perbedaan Siginifikan Kinerja Mesin Menggunakan Busi Iridium dan Busi Racing

Apakah pengendara perlu selalu membuka body motor untuk memeriksa secara langsung kondisi dari busi motor?

Hal tersebut bisa saja dilakukan, namun cara tersebut tentunya cukup rumit dan kurang efisien. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi tanda bahwa kondisi busi pada sepeda motor sudah perlu untuk diganti.

 

Mesin Motor Sulit Untuk Dinyalakan

Salah satu ciri umum yang menandakan kondisi busi motor bermasalah yaitu pada saat pengendara kesulitan untuk menyalakan sepeda motor miliknya.

Meskipun pengendara telah mencoba menghidupkannya dengan dua cara yaitu menggunakan kick starter dan electric starter, jika busi motor rusak tentu mesin motor tetap tidak akan menyala.

Jika hal tersebut terjadi, busi motor kemungkinan besar telah mengalami kerusakan karena itu merupakan tanda bahwa busi motor tidak bisa lagi menghasilkan percikan api yang cukup untuk proses pengapian pada ruang bakar mesin.

BACA JUGA:Mengenal Tanda-Tanda Busi Sepeda Motor yang Mulai Menunjukkan Gejala Soak


Ciri umum yang menandakan kondisi busi motor bermasalah yaitu pada saat pengendara kesulitan untuk menyalakan sepeda motor --Foto : freepik.com/@cookie_studio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id