Peran Penting Operating System Pada Perangkat Komputer Beserta 5 Fungsinya!

Peran Penting Operating System Pada Perangkat Komputer Beserta 5 Fungsinya!

Peran Penting Operating System Pada Perangkat Komputer Beserta 5 Fungsinya!-freepik-freepik

Operating system mempunyai fungsi untuk melakukan manajemen sumber daya komputer. Manajemen sumber daya komputer yaitu pengelolaan dan pengaturan terhadap berbagai sumber daya komputer seperti: CPU, memori, hard disk, jaringan, dan berbagai perangkat keras lainnya agar mampu bekerja secara efektif dan efisien.

Manajemen sumber daya komputer ini tentunya akan dilakukan oleh operating system atau sistem operasi yang terdapat pada sebuah komputer.

Sebagai Penghubung Antara Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Operating system atau sistem operasi mempunyai peran yang penting sebagai penghubung antara perangkat keras dengan perangkat lunak pada sebuah komputer.

Dengan perannya sebagai penghubung antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dapat memungkinkan terjadinya komunikasi dan koordinasi diantara keduanya.

Operating system juga mengatur dan melakukan koordinasi terhadap semua perangkat keras yang saling terhubung pada perangkat komputer seperti CPU, mouse, keyboard, dan speaker.

BACA JUGA:Aneh tapi nyata! Berikut Misteri dan Keajaiban Memahami Mitos Pohon Beringin di Nusantara

Dengan kehadiran operating system tentunya dapat memungkinkan terjadinya hubungan dan koordinasi antara perangkat keras dan perangkat lunak.

Hal ini tentunya akan membuat perangkat komputer mampu bekerja dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan dari para pengguna.

Mengatur Sistem Kerja Perangkat Komputer

Operating system atau sistem operasi mempunyai fungsi untuk mengatur dan mengontrol semua fungsi perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer.

Operating system ini akan berfungsi sebagai penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak sehingga dapat memungkinkan terjadinya komunikasi dan koordinasi diantara keduanya.

Operating system tentunya akan mengatur dan mengontrol semua fungsi perangkat keras seperti CPU, hard disk, memori, dan berbagai perangkat keras lainnya.

Dengan fungsinya yang dapat mengatur dan mengontrol semua fungsi dari perangkat keras, maka operating system akan memastikan bahwa semua perangkat dapat saling bersinergi dan bekerja sama dalam memaksimalkan fungsi dari sebuah komputer.

Dapat Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber