Peran Penting Operating System Pada Perangkat Komputer Beserta 5 Fungsinya!

Peran Penting Operating System Pada Perangkat Komputer Beserta 5 Fungsinya!

Peran Penting Operating System Pada Perangkat Komputer Beserta 5 Fungsinya!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Operating system atau sistem operasi merupakan software atau perangkat lunak pada lapisan pertama yang terdapat pada memori komputer pada saat dinyalakan.

Sementara berbagai software lain akan dijalankan setelah operating system berjalan dan melakukan layanan inti untuk software tersebut.

Sebelum kehadiran operating system, komputer hanya dapat menggunakan sistem sinyal analog dan sinyal digital. Dengan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, terdapat berbagai operating system dengan berbagai keunggulan masing-masing.

Operating system mempunyai penjadwalan yang sistematis termasuk perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan berbagai sumber daya lainnya.

Contoh operating system atau sistem operasi yang tersedia saat ini seperti: Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows. Operating system mempunyai beberapa fungsi yang sangat penting untuk dapat menjalankan program komputer.

BACA JUGA:5 Keunggulan Galaxy Z Fold5, Smartphone Layar Lipat Dari Samsung!

Berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki oleh operating system atau sistem operasi ini dalam menjalankan suatu program atau aktivitas komputer.

Sebagai Aplikasi Dasar Perangkat Komputer

Operating system mempunyai fungsi sebagai aplikasi dasar dari sebuah perangkat komputer. Hal ini dikarenakan operating system merupakan software yang akan mengatur dan mengendalikan segala hal yang berkaitan dengan pengoperasian perangkat elektronik seperti: komputer, smartphone, dan berbagai perangkat lainnya.

Operating system juga menyediakan tampilan interface untuk dapat membuat pengguna berinteraksi dengan komputer.

Tampilan interface pada operating system juga dapat memungkinkan pengguna untuk menjalankan suatu aplikasi, mengakses suatu file, melakukan pengaturan jaringan, dan melakukan pengaturan waktu.

Dengan fungsinya sebagai aplikasi dasar dari sebuah perangkat komputer, maka pemilihan operating system yang tepat tentunya sangat penting untuk dapat memastikan perangkat komputer tersebut mampu berfungsi dengan baik, efisien, dan mampu memenuhi kebutuhan pengguna.


Peran Penting Operating System Pada Perangkat Komputer Beserta 5 Fungsinya!-rawpixel.com-freepik

Sebagai Manajemen Sumber Daya Komputer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber