Komponen Karburator Sepeda Motor? Inilah 3 Jenis Karburator Berdasarkan Venturi atau Saluran Udara Masuk!

Komponen Karburator Sepeda Motor? Inilah 3 Jenis Karburator Berdasarkan Venturi atau Saluran Udara Masuk!

Komponen Karburator Sepeda Motor? Inilah 3 Jenis Karburator Berdasarkan Venturi atau Saluran Udara Masuk--Foto : Instagram.com/@tri2nd

 

Karburator Venturi Tetap

Pada jenis karburator motor venturi tetap ini, diameter dari venturi tidak dapat diubah dan tarikan setang gas yang akan mengatur katup aliran udara melalui venturi sehingga dapat menentukan besaran tekanan yang mampu menarik bahan bakar.

Karburator venturi tetap ini dikenal juga dengan fixed venturi, jenis karburator ini umumnya mempunyai pilot jet untuk mendapatkan kecepatan stasioner.

Fungsi dari kecepatan sekunder ini yaitu untuk dapat memenuhi proses pencampuran udara pada bahan bakar untuk setiap kecepatan.

BACA JUGA:BPJS Naker Maksimalkan Akurasi Data Peserta JKP Melalui Integrasi dengan Data NIK Dukcapil

Pada saat menyalurkan bahan bakar, jenis karburator ini hanya akan melalui jet yang telah dikontrol oleh jarum.

Jarum dibuat berbentuk terancang tirus sehingga dapat mengurangi jet atau spuyer, termasuk mengurangi saluran tambahan lain yang biasanya terdapat pada karburator venturi.

 

Karburator Kecepatan Konstan

Karburator kecepatan konstan merupakan gabungan dari jenis karburator venturi berubah-ubah dan karburator venturi tetap.

BACA JUGA:Mengenal Treatment Ozone Mobil, Sterilkan Mobil Anda Sekarang!

Istilah lain dari jenis karburator ini yaitu karburator vakum, dimana katup pada venturi akan bekerja untuk dapat mengubah diameter venturi dengan memanfaatkan pergerakan dari piston.

Katup yang disebut juga dengan torak valve ini akan berubah seiring dengan pergerakannya. Hal ini biasanya akan disebabkan karena tekanan negatif yang muncul di dalam venturi.

Itulah beberapa jenis karburator pada sepeda motor berdasarkan venturi atau saluran masuk udara yang dapat dikenali oleh para pengendara.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber