Komponen Karburator Sepeda Motor? Inilah 3 Jenis Karburator Berdasarkan Venturi atau Saluran Udara Masuk!

Komponen Karburator Sepeda Motor? Inilah 3 Jenis Karburator Berdasarkan Venturi atau Saluran Udara Masuk!

Komponen Karburator Sepeda Motor? Inilah 3 Jenis Karburator Berdasarkan Venturi atau Saluran Udara Masuk--Foto : Instagram.com/@tri2nd

Oleh karena itu, bahan bakar yang terdapat pada mangkok karburator akan tetap dapat terhisap ke dalam ruang pembakaran.

BACA JUGA:Aplikasi E-Wallet Untuk Melakukan Transaksi? Inilah 6 Manfaat Penggunaan E-Wallet atau Dompet Digital!

Cara kerja dari venturi ini juga tidak terlalu rumit, karena bahan bakar akan naik dari mangkuk karburator ke dalam karburator.

Proses naiknya bahan bakar tersebut dapat terjadi karena adanya perbedaan tekanan dalam mangkuk yang lebih tinggi dibandingkan dengan venturi.

Jenis karburator pada sepeda motor sendiri dapat dibedakan berdasarkan dengan venturi ini. Terdapat tiga jenis karburator yang dapat dikenali oleh para pengendara berdasarkan venturi tersebut.

Lalu, apa saja jenis dari karburator motor berdasarkan venturi? Berikut ini beberapa jenis karburator pada sepeda motor berdasarkan venturi atau saluran masuk udara yang dapat dikenali oleh para pengendara.

BACA JUGA: 10 Cara Menjadi Kaya dan Sukses di Masa Depan

 

Karburator Venturi Berubah-Ubah

Karburator venturi berubah-ubah disebut juga sebagai slide carburator atau variable venturi. Karburator ini merupakan jenis karburator yang venturi atau saluran udara masuknya dapat berubah-ubah.

Hal tersebut membuat throttle valve yang terdapat pada venturi ini dapat dioperasikan kawat gas. Tarikan kawat gas yang terdapat pada sepeda motor akan mengatur besaran venturi dengan memanfaatkan piston dan needle jet yang dapat naik dan turun.

Tujuannya yaitu agar dapat membentuk celah venturi yang berubah-ubah. Cara membedakan jenis karburator ini dengan jenis karburator lainnya yaitu dapat dilihat dari diameter venturi.

Diameter venturi ini akan menyesuaikan dengan besar kecilnya aliran bahan bakar udara yang terdapat di dalam karburator.

BACA JUGA:Beragam Kekayaan Alam dan Segudang Destinasi, Aceh Memikat Hati Wisatawan


Jenis karburator pada sepeda motor sendiri dapat dibedakan berdasarkan dengan venturi--Foto : Instagram.com/@barang2ndgarage

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber