Hyundai Mengungkapkan Tantangan Penjualan Mobil pada Awal 2024

Hyundai Mengungkapkan Tantangan Penjualan Mobil pada Awal 2024

Hyundai Mengungkapkan Tantangan Penjualan Mobil pada Awal 2024--pixabay.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengidentifikasi beberapa faktor yang menyebabkan penurunan penjualan pada bulan Januari 2024.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan grosir Hyundai mencapai 3.003 unit pada bulan Januari 2024, mengalami penurunan sebesar 26,16% dibandingkan dengan 4.067 unit pada Januari 2023.

Di samping itu, penjualan eceran juga menunjukkan penurunan dengan jumlah 2.903 unit, turun 18,20% dari 3.549 unit pada periode yang sama tahun sebelumnya atau year-on-year (YoY).

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT HMID, mengungkapkan bahwa faktor internal seperti permintaan yang tinggi pada kuartal IV/2024 mengakibatkan pengiriman ke dealer tidak sebesar biasanya di awal tahun ini.

BACA JUGA:Sering Dianggap Sepele, 4 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa, Jangan Jadi Orang Merugi di Bulan Ramadan

"Kami terus berkomunikasi dengan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) untuk meningkatkan kapasitas produksi mereka," ujarnya kepada Bisnis pada Minggu (11/2/2024).


Hyundai Mengungkapkan Tantangan Penjualan Mobil pada Awal 2024--pixabay.com

Selain itu, beberapa faktor lain yang memengaruhi penjualan pada bulan Januari 2024 adalah dampak dari kampanye Pemilu 2024 dan ketatnya seleksi dalam memberikan fasilitas pembiayaan karena meningkatnya non-performing loan (NPL).

Keterlambatan dalam penerbitan peraturan terkait pemotongan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk mobil listrik dari 11% menjadi 1% juga turut berdampak pada penjualan Hyundai Ioniq 5.

Konsumen juga menunggu gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 untuk melihat produk baru dari berbagai merek dan menikmati promosi penjualan menarik.

BACA JUGA:Tentara Israel Diduga Rampas Lebih dari US$ 54 Juta dari Bank Palestina Hingga Curi Mayat Syuhada di Gaza

Hyundai memastikan bahwa enam produk akan diluncurkan oleh Hyundai tahun ini, baik model mesin pembakaran dalam (ICE) maupun kendaraan listrik bertenaga baterai (BEV).

Dua dari enam produk baru tersebut direncanakan akan diluncurkan selama gelaran IIMS 2024 yang berlangsung dari 15 hingga 25 Februari 2024.

Penurunan penjualan mobil Hyundai pada awal tahun 2024 juga dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal. Salah satunya adalah ketidakpastian yang terkait dengan hasil Pemilihan Umum 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber