9 Cara Merawat Mobil dengan Efisien Terhindar dari Kerusakan dan Tahan Lama

9 Cara Merawat Mobil dengan Efisien Terhindar dari Kerusakan dan Tahan Lama

9 Cara Merawat Mobil dengan Efisien Terhindar dari Kerusakan dan Tahan Lama -prostooleh-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Cara merawat mesin mobil yang benar, mobil merupakan kendaraan yang sangat penting bagi banyak orang. Siapapun yang memiliki mobil pasti tahu bahwa ada banyak fitur yang membuat kebanyakan orang menginginkan sebuah mobil.

Mulai dari mengantar keluarga ke kantor atau tempat kerja hingga bepergian ke luar kota, mobil merupakan alat transportasi yang sangat penting.

Bahkan mobil yang digunakan sehari-hari atau setidaknya digunakan secara rutin pun memerlukan perawatan. Tujuannya agar kendaraan Anda tetap lancar terutama bagian mesinnya.

Semua pemilik mobil harus memperhatikan dan menerapkan tips perawatan mobil.Beberapa perawatan mobil perlu dilakukan setiap hari, namun ada jenis perawatan lain yang dapat dilakukan setiap bulan atau dalam jangka waktu tertentu. Apa yang harus kamu lakukan untuk melindungi mobilmu?

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumatera Selatan Akan Nyoblos di Palembang, Berikut Lokasi Pencoblosannya

Oleh karena itu, jika anda ingin meningkatkan tenaga mesin mobil anda, anda harus merawat mesin tersebut agar menjadi yang terbaik. Penggunaan yang tidak tepat, kebiasaan buruk dan banyak kesalahan lainnya dapat dengan mudah merusak mesin mobil Anda dan membuat perjalanan Anda lebih berbahaya bagi Anda dan orang lain. Belum lagi besarnya biaya yang bisa dikeluarkan jika mobil Anda mengalami kerusakan parah.

Cara merawat mesin mobil Andai harus menghindari semua ini. Untuk melindungi mesin mobil anda, gunakanlah cara-cara berikut ini untuk merawat mobil anda dengan baik, khususnya mesin mobil anda.

1. Periksa timing belt 

Periksa timing belt, sabuk yang memutar roda gigi yang terhubung ke bagian dalam mesin. Jika Anda mendengar suara berisik saat menghidupkan mobil, berarti ada masalah pada timing belt. Jika tidak ditangani, sabuk ini dapat putus, merusak bagian-bagian mesin, dan mengurangi penyaluran tenaga.

2. Mengganti oli

Ganti oli Anda merupakan keharusan mengganti oli secara teratur, setiap 3.000 hingga 5.000 mil. Hal ini untuk mencegah terjadinya gesekan berlebihan pada mesin sehingga bagian dalam dapat bergerak lebih cepat. Minyak melapisi bagian-bagian ini dan memberikan perlindungan yang lebih baik. Pastikan juga filter oli Anda bersih dan bebas dari kotoran saat menguras oli.


9 Cara Merawat Mobil dengan Efisien Terhindar dari Kerusakan dan Tahan Lama -peoplecreations-freepik

3. Pacu mobil

Setelah beberapa lama menggunakan mobil pacu, terdapat sedikit penampakan pada permukaan mesin mobil. Kita bisa mengatasi masalah ini dengan cara lain. Mengendarai mobil atau menginjak gas terlalu dalam dapat menyebabkan kebocoran pada pipa knalpot atau disebut juga pipa bocor. Hindari melakukan ini di jalan dan ladang yang sepi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber