Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama

Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama

Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama-freepik-freepik

Marketplace sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan fokus dan tipe kerja sama. Berikut ini penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa jenis marketplace yang ada berdasarkan fokus dan tipe kerja sama.

Global Marketplace

Global marketplace merupakan platform online yang mewadahi terjadinya kegiatan transaksi jual beli terhadap berbagai macam produk dan jasa yang berasal dari berbagai negara yang ada di dunia.

Contoh dari global marketplace ini yaitu: eBay, AliExpress, etsy, Shopee (untuk wilayah Asia Tenggara), dan Amazon.

Horizontal Marketplace

Horizontal marketplace ini merupakan jenis marketplace yang menjual berbagai macam produk dengan kategori yang berbeda.

Tokopedia dan Bukalapak termasuk ke dalam jenis marketplace yang satu ini. Pada kedua website tersebut, pengguna dapat menemukan banyak produk mulai dari buku, furniture, makanan, baju, mainan anak, gadget, dan berbagai produk lainnya.

Pada umumnya horizontal marketplace akan menampilkan dirinya sebagai toko yang lengkap dan mengutamakan kenyamanan sebagai nilai jualnya.

BACA JUGA:Mantan Eksekutif Apple Perkenalkan Kacamata Baru Yang Didukung Teknologi AI

Vertical Marketplace

Jika dibandingkan dengan horizontal marketplace, jenis vertical marketplace lebih bersifat spesialis. Platform marketplace yang dapat dikategorikan sebagai jenis vertical marketplace yaitu website yang menjual produk dari satu jenis yang sama.

Sebagai contoh, pada sebuah marketplace yang hanya menjual keperluan fashion. Jika pengguna memilih untuk berjualan pada vertical marketplace, pengguna dapat menunjukkan produk yang dijual dengan lebih baik.

Hal ini dikarenakan pada vertical marketplace, pengunjung website tentunya sudah pasti akan mencari produk yang diinginkan dan pengguna dapat lebih fokus dalam menceritakan apa yang membuat produk yang dijual lebih unggul dibandingkan dengan produk yang dijual oleh penjual lain.

Marketplace Murni

Marketplace murni merupakan jenis kerja sama penjualan dimana platform marketplace tersebut hanya akan menyediakan fasilitas untuk berjualan, melakukan pembayaran, dan terjadinya transaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber