Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama

Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama

Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Marketplace merupakan sebuah website atau aplikasi online yang dapat memfasilitasi terjadinya proses transaksi jual beli dari berbagai toko dan penjual.

Konsep dari marketplace sendiri dapat dikatakan hampir sama dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, pemilik marketplace tidak bertanggung jawab terhadap berbagai produk yang dijual.

Hal ini dikarenakan tugas dari pemilik marketplace yaitu untuk menyediakan tempat bagi para pengguna yang ingin berjualan dan membantu pengguna tersebut bertemu dengan pelanggan untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah dan praktis.

Proses transaksi sendiri memang diatur oleh pihak marketplace dimana setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim produk tersebut kepada pembeli.

Salah satu alasan yang membuat platform marketplace menjadi terkenal yaitu karena kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya.

BACA JUGA:Telat Mengganti Oli Pada Sepeda Motor, Inilah 6 Dampak Sering Telat Melakukan Penggantian Oli Motor!

Bahkan sebagian orang menggambarkan marketplace ini seperti department store. Pertama kali marketplace ini mulai menjadi populer yakni pada tahun 1995.

Pada tahun 1955 tersebut, Amazon dan eBay mulai terkenal dan semakin banyak orang yang menggunakan platform tersebut.

Pada tahun yang sama, sebuah bank di Amerika Serikat yang bernama The Presidential Bank meluncurkan online banking pertama di dunia.

Lalu pada tahun 1998, PayPal mulai diluncurkan dan memberikan kemudahan yang lebih banyak untuk melakukan transaksi online.

Setelah berjalan hampir 20 tahun, industri marketplace ini semakin terus berkembang. Saat ini, pengguna dapat menemukan banyak pelaku pada industri marketplace untuk berbagai kategori mulai dari pakaian hingga berbagai bahan kerajinan.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah terdapat beberapa marketplace lokal yang terkenal seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Keduanya marketplace ini bahkan sudah sangat sukses di Indonesia bahkan membuat keduanya menjadi 2 dari 4 Startup Unicorn yang ada di Indonesia.


Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama-tirachardz-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber