Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama

Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama

Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama-freepik-freepik

Penjual yang membuka toko pada marketplace murni umumnya mempunyai kebebasan dalam melakukan kustomisasi toko mereka seperti mengubah tampilan, mengkategorikan produk, dan menentukan jasa pengiriman.


Proses Transaksi Pada Platform Marketplace? Inilah 5 Jenis Marketplace Berdasarkan Fokus dan Tipe Kerja Sama-rawpixel.com-freepik

Marketplace murni ini merupakan jenis marketplace yang paling populer di kalangan umum saat ini. Contoh dari marketplace dengan kerja sama jenis ini yaitu Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Elevenia, dan sebagian besar platform marketplace yang ada di Indonesia.

Marketplace Konsinyasi

Marketplace konsinyasi merupakan sebuah sistem kerja sama dimana pihak platform marketplace akan mengatur secara penuh perihal promosi, penyimpanan, pengiriman, dan pelayanan pelanggan.

Dalam jenis marketplace kerja sama ini, penjual hanya perlu untuk menyediakan produk saja. Contoh marketplace pengadopsi awal dari model kerja sama ini yaitu Zalora dan Berrybenka. Itulah penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa jenis marketplace yang ada berdasarkan fokus dan tipe kerja sama.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber