Baterai Smartphone Cepat Habis? Inilah 6 Tips Untuk Menghemat Penggunaan Daya Baterai Pada Smartphone!

Baterai Smartphone Cepat Habis? Inilah 6 Tips Untuk Menghemat Penggunaan Daya Baterai Pada Smartphone!

Baterai Smartphone Cepat Habis? Inilah 6 Tips Untuk Menghemat Penggunaan Daya Baterai Pada Smartphone!-rawpixel.com-freepik

Aplikasi pada smartphone juga dapat menyedot baterai jika digunakan secara terus-menerus. Oleh karena itu, periksa aplikasi apa saja yang paling banyak menguras daya baterai pada pengaturan smartphone.

Pada pengaturan tersebut, pengguna dapat melihat aplikasi apa saja yang menguras daya baterai. Masing-masing menu pada smartphone mungkin akan berbeda, pengguna dapat mencari menu pengaturan yang berhubungan dengan baterai smartphone.

Jangan Gunakan Smartphone Pada Saat Melakukan Pengisian Daya

Kondisi daya baterai smartphone yang terkuras secara drastis pada saat melakukan pengisian daya biasa disebut dengan istilah parasitic load.

BACA JUGA:Sebanyak 64 Persen Pelaku UMKM Adalah Perempuan, Bukti Emak-Emak Terdepan Penggerak Ekonomi

Kejadian ini umumnya dilakukan dimana pada saat bersamaan sedang melakukan pengisian daya baterai dan digunakan untuk membuka berbagai aplikasi yang boros seperti aplikasi video game.

Parasitic load tentunya merupakan sebuah hal buruk untuk baterai karena dapat mendistorsi siklus pengisian daya atau putaran arus pada saat sedang melakukan pengisian ulang daya baterai.

Terlebih lagi jika parasitic load terjadi pada saat baterai sedang berada dalam keadaan penuh. Maka akan menyebabkan tegangan yang lebih tinggi dan baterai akan menjadi lebih cepat panas atau mengalami overheat.

Untuk dapat menghindarinya, pengguna dapat menonaktifkan smartphone agar tidak terdapat aktivitas dari smartphone selain melakukan pengisian daya.

Jika berada dalam keadaan darurat, pengguna dapat menggunakan seperlunya agar beban kerja dari smartphone tidak terlalu berat.

Matikan Notifikasi yang Tidak Penting Pada Smartphone

Sebagian aplikasi umumnya dibekali dengan kemampuan untuk menyampaikan informasi melalui notifikasi agar lebih mudah dilihat oleh pengguna, jika memang terdapt hal penting yang perlu diketahui oleh pengguna.


Baterai Smartphone Cepat Habis? Inilah 6 Tips Untuk Menghemat Penggunaan Daya Baterai Pada Smartphone!-rawpixel.com-freepik

Contohnya seperti untuk update berita atau memberi tahu jika terdapat pesan masuk. Namun, penggunaan notifikasi ini juga dapat menguras baterai smartphone jika pengguna tidak mengontrol aplikasi mana saja yang dapat menyampaikan informasi melalui notifikasi.

Pengguna perlu mematikan beberapa notifikasi untuk aplikasi yang tidak dibutuhkan. Untuk mengakses izin notifikasi, pengguna dapat mengunjungi menu pengaturan pada smartphone masing-masing dan pergi ke menu notifikasi aplikasi ataupun menu serupa yang berkaitan dengan notifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber