Apa Saja Jenis Marketplace yang Ada? Inilah 3 Jenis Platform Marketplace Berdasarkan dengan Target Pembeli!

Apa Saja Jenis Marketplace yang Ada? Inilah 3 Jenis Platform Marketplace Berdasarkan dengan Target Pembeli!

Apa Saja Jenis Marketplace--Foto : freepik-ijeab.

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Marketplace merupakan sebuah platform tempat terjadinya proses transaksi jual beli antara sejumlah penjual dengan pasar yang telah terorganisir.

Dapat dikatakan bahwa marketplace mempertemukan sejumlah besar penjual kepada pembeli. Peran marketplace yaitu untuk menyatukan penjual dan pembeli yang tepat untuk dapat mendorong penjualan melalui platform tersebut.

Penjual mempunyai tempat untuk mendapatkan visibilitas dan menjual produk yang dimiliki, sedangkan platform marketplace akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan.

Platform marketplace tentunya mempunyai beberapa jenis, jika berdasarkan dengan target pembeli maka terdapat 3 jenis marketplace yang dapat ditemui.

BACA JUGA: Inilah 6 Platform Marketplace Global yang Dapat Menjangkau Pengguna di Seluruh Dunia!

Jenis marketplace ini tentunya mencakup marketplace B2B, marketplace B2C, dan marketplace C2C. Lalu, apa sih perbedaan diantara ketiga Jenis marketplace tersebut?

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai jenis marketplace berdasarkan dengan target pembeli dari platform tersebut.

Marketplace B2B (Business to Business)

Marketplace B2B merupakan jenis marketplace yang menargetkan pembeli yang juga seorang pemilik bisnis, sehingga dapat memungkinkan terjadinya penjualan antara pemilik bisnis dengan pemilik bisnis yang lainnya.

BACA JUGA:Transaksi Online Menggunakan Marketplace? Inilah 5 Platform Marketplace yang Sering Digunakan di Indonesia!

Marketplace B2B menghubungkan organisasi atau konsumen dengan bisnis lain atau vendor seperti: pengecer, grosir, atau produsen lain yang ingin membeli dari mereka.

Dengan menghasilkan pesanan dan melakukan transaksi melalui platform marketplace secara online, perusahaan dapat memfasilitasi proses seperti: penjualan, pengadaan, dan dapat meningkatkan transparansi terhadap transaksi keuangan.

Dengan menggunakan jenis marketplace ini, penyedia dapat mulai memberikan layanan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan cara lain seperti pengembangan situs web e-niaga atau pembukaan toko fisik secara langsung.

Penggunaan marketplace B2B juga dapat membuat penjual untuk memperluas saluran penjualan dan menarik pembeli baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber