Plt Bupati Muara Enim Bersyukur Panen Raya di Desa Tanjung Jati Hasilkan Ribuan Ton Padi

Plt Bupati Muara Enim Bersyukur Panen Raya di Desa Tanjung Jati Hasilkan Ribuan Ton Padi

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah bersama Forkopimda melakukan panen raya padi sawah di Desa Tanjung Jati Kabupaten Muara Enim, Rabu (3/5/2023).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Plt Bupati MUARA ENIM Ahmad Usmarwi Kaffah bersama Forkopimda pada Rabu pagi, 3 Mei 2023, melakukan Panen Raya Padi Sawah di Desa Tanjung Jati Kecamatan MUARA ENIM, Kabupaten MUARA ENIM. Panen raya ini mampu menghasilkan ribuan ton gabah kering dari 132 hektar lahan pertanian Sawah yang ada di Desa Tanjung Jati.

Saat acara panen raya, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah bersama Forkopimda menyerahkan bantuan kepada petani berupa traktor bajak sawah, pupuk, bibit padi, dan bibit ikan. Selain itu juga, Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah meresmikan Kelompok Tani Perempuan yang ada di Desa Tanjung Jati. Kemudian, dilakukan juga panen padi secara simbolis yang diikuti pihak terkait.

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah bersyukur panen kali ini mengalami peningkatan. Dengan hasil panen yang melimpah, kesejahteraan petani di Desa Tanjung Jati juga ikut sejahtera, meski di dalam pelaksanaan masih menemui kendala karena faktor alam, hama dan sistem irigasi.

Memang, sementara ini para petani di Desa Tanjung Jati baru bisa melakukan panen padi hanya dua kali dalam satu tahun, karena terkendala irigasi atau perairan yang belum mencukupi. Hingga kini, petani masih mengandalkan sawah tadah hujan dan sumur bor.

BACA JUGA:Lina Mukherjee Penuhi Panggilan Penyidik dalam Dugaan Kasus Penistaan Agama

BACA JUGA:Inilah Deretan Maskapai Penerbangan Indonesia yang Sudah Tumbang


Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah secara simbolis menyerahkan bantuan traktor bajak sawah kepada petani di Desa Tanjung Jati, Rabu (3/5/2023).-Yansyah-PALTV

Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan mendiskusikan permasalahan pengairan lahan sawah ini dengan pihak terkait, agar bisa membangun sistem irigasi yang dapat membantu petani memenuhi pasokan air. Dengan demikian, diharapkan sawah-sawah petani mampu panen tiga hingga empat kali dalam setahun.

“Jad begini, saya katakan tadi bahwa saya beserta Sekda dan Kepala Dinas Pertanian saya katakan harus kita rapatkan betul ini jalan keluar, jalan terbaiknya. Apakah misalnya bantuan dari pusat ataupun kita sendiri jika mampu. Kira-kira begitu ya yang bisa saya sampaikan,” ujar Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah.


Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah mengendarai mesin panen padi sawah di Desa Tanjung Jati, Rabu (3/5/2023).-Yansyah-PALTV

Agus Tani Pariansyah selaku Ketua Kelompok Kerja Cahaya Bintang sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang telah mendukung pertanian di wilayah muara enim, dengan memberikan bantuan berupa alat pertanian, bibit padi dan bibit ikan kepada petani di Desa Tanjung Jati.

Untuk hasil panen kali ini cukup berlimpah hingga menghasilkan 11 ton dalam satu hektar lahan sawah. Jadi, untuk 132 hektar lahan persawahan bisa menghasilkan ribuan ton gabah kering. Saat ini petani di Desa Tanjung Jati hanya mampu panen dua kali dalam satu tahun dan maksimal bisa tiga kali panen jika pasokan air berlimpah. Selama ini petani masih mengandalkan air hujan dan 32 sumur bor untuk pasokan air.

BACA JUGA:Kenali 6 Manfaat Cascara bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Inter Jual Martinez, MU Siap Tampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv