Apa Saja Jenis Aki Motor yang Ada? Inilah 5 Jenis Aki yang Terdapat Pada Sepeda Motor!

Apa Saja Jenis Aki Motor yang Ada? Inilah 5 Jenis Aki yang Terdapat Pada Sepeda Motor!

Apa Saja Jenis Aki Motor yang Ada? Inilah 5 Jenis Aki yang Terdapat Pada Sepeda Motor--Foto : Instagram.com/@alfascorpii.siantar

Aki Kalsium

Aki kalsium mempunyai ciri utama yang terletak pada elektroda positif dan negatif yang digunakan. Jenis aki motor yang satu ini menggunakan elektroda dari bahan kalsium yang membuatnya mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi dalam menyimpan arus listrik.

BACA JUGA:Solusi Darurat: Panduan Lengkap 5 Cara Jumper untuk Mengatasi Masalah Aki Mobil


Aki kalsium mempunyai ciri utama yang terletak pada elektroda positif dan negatif yang digunakan --Instagram.com/@shopanddrive

 

Selain itu, aki kalsium juga mempunyai daya penguapan air aki yang relatif rendah. Namun, pengendara akan cukup kesulitan jika ingin menggunakan aki kalsium ini untuk sepeda motor miliknya.

Hal ini dikarenakan jenis aki motor yang satu ini sangat jarang dijual di bengkel-bengkel pada umumnya, jika ada yang menjualnya biasanya akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

 

Aki Hybrid

Pengendara juga dapat menemukan jenis aki hybrid, aki motor yang satu ini dibuat dengan perpaduan antara jenis aki kalsium dengan jenis aki basah.

BACA JUGA:Ilmu Iseng Bermanfaat! Membuat Charger Aki Mobil Sederhana dengan Trafo Bekas dan Dioda Zener

Hal tersebut dapat dijumpai pada bahan elektrodanya, dimana pada kutub positif jenis aki motor ini menggunakan bahan low antimonial yang biasa ditemukan pada aki basah.

Sementara itu, untuk elektroda negatifnya menggunakan material kalsium seperti bahan yang juga digunakan pada aki kalsium.

 

Aki Gel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber