Apa Saja Jenis Aki Motor yang Ada? Inilah 5 Jenis Aki yang Terdapat Pada Sepeda Motor!

Apa Saja Jenis Aki Motor yang Ada? Inilah 5 Jenis Aki yang Terdapat Pada Sepeda Motor!

Apa Saja Jenis Aki Motor yang Ada? Inilah 5 Jenis Aki yang Terdapat Pada Sepeda Motor--Foto : Instagram.com/@alfascorpii.siantar

Aki basah sering dijadikan sebagai pertimbangan utama karena harganya yang relatif murah. Selain itu, jenis aki motor yang satu ini juga dapat digunakan secara berulang dan tidak susah untuk didapatkan.

Penggunaan aki basah juga terkadang dapat menimbulkan beberapa permasalahan bagi pengendara sepeda motor.

BACA JUGA:6 Penyebab Aki Motor Kembung: Gunakan Cara Ini Untuk Mengatasinya


Aki basah merupakan jenis aki motor yang paling familiar bagi para pengendara sepeda motor yang ada di Indonesia--Foto : Instagram.com/@daya_motor_bahar

 

Pengendara perlu untuk melakukan pengecekan kondisi air aki secara berkala, hal ini dikarenakan elektrolit yang terdapat di dalam aki basah akan cepat menguap.

Selain itu, air aki atau larutan asam sulfat yang terdapat di dalam aki basah dapat menimbulkan korosi pada saat terjadi kebocoran.

 

Aki Kering atau Aki Maintenance Free (MF)

Aki kering atau aki Maintenance Free (MF) menjadi jenis aki motor yang saat ini terdapat pada sebagian sepeda motor keluaran terbaru.

BACA JUGA:Mencabut Aki Mobil Saat Lama Tak Digunakan, Apakah Salah Kaprah? Ini Ulasannya

Aki Maintenance Free (MF) ini lebih dikenal dengan sebutan aki kering. Sesuai dengan namanya yakni Maintenance Free atau bebas perawatan, jenis aki motor yang satu ini tidak membutuhkan perawatan seperti halnya saat menggunakan berbagai jenis aki motor lainnya.

Pengendara perlu mengeluarkan biaya lebih jika ingin menggunakan aki kering. Terlebih lagi, jenis aki motor yang satu ini hanya dapat digunakan untuk sekali pemakaian.

Selain itu, usia penggunaan dari aki kering ini juga terbilang relatif singkat jika dibandingkan dengan jenis aki basah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber