Memahami Fungsi dan Efek Spoiler Pada Mobil , Lebih Dari Sekedar Estetika

Memahami Fungsi dan Efek  Spoiler Pada Mobil , Lebih Dari Sekedar Estetika

Memahami Fungsi dan Efek Spoiler Pada Mobil , Lebih Dari Sekedar Estetika--youtube.com/@ zona official

BACA JUGA:Waspadai Makanan dan Minuman yang Berpotensi Menyebabkan Kanker

Spoiler bertugas untuk memecah aliran udara yang mengalir di sekitar mobil, mengurangi tekanan di belakang kendaraan dan menghilangkan efek turbulensi.

Hal ini dapat membuat pengemudi lebih mudah mengendalikan mobil, terutama saat bermanuver atau melakukan pengereman mendadak.

Stabilitas dan Traksi:

Spoiler juga berkontribusi pada peningkatan stabilitas dan traksi mobil. Dengan mengurangi tekanan di atas permukaan kendaraan, spoiler membantu menjaga roda belakang tetap menyentuh jalan dengan erat.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Sediakan 8 Ton Beras pada Operasi Pasar Murah Serentak Se-Sumatera Selatan

Ini memiliki dampak positif pada traksi, yang sangat penting terutama pada mobil penggerak roda belakang (rear-wheel drive) ketika akselerasi atau pengendalian pada tikungan.

Jenis Jenis Spoiler 

Lip Spoiler:

Spoiler ini terletak di bagian depan mobil, dekat dengan bumper. Fungsi utamanya adalah mengarahkan aliran udara ke atas, membantu menjaga roda depan tetap stabil dan menekan bagian depan kendaraan ke tanah.

BACA JUGA:Penanganan Inflasi Terus Digencarkan Pemprov Sumatera Selatan dengan Operasi Pasar Murah

Rear Spoiler:

Rear spoiler adalah yang paling umum dan terletak di bagian belakang mobil. Dirancang untuk mengurangi hambatan udara dan memberikan peningkatan stabilitas di kecepatan tinggi, rear spoiler seringkali menjadi pilihan bagi penggemar mobil balap.

Mid-Wing Spoiler:

Mid-wing spoiler terletak di tengah bagian belakang mobil dan dapat memberikan keseimbangan yang baik antara penampilan estetika dan kinerja aerodinamika. Spoiler jenis ini umumnya digunakan pada mobil sport dan performa tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber