Masyarakat Dapat Pinjam Gratis Inkubator Bayi Hasil Dana Kotak Amal Gus Dur

Masyarakat Dapat Pinjam Gratis Inkubator Bayi Hasil Dana Kotak Amal Gus Dur

Bayi dalam inkubator.-pixabay.com/Engin_Akyurt-https://pixabay.com/id/photos/bayi-kecil-manis-2453297/

JOMBANG, PALTV.CO.ID - Cara unik dilakukan Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT) dalam memanfaatkan dana sumbangan peziarah makam Gus Dur melalui kotak amal yang tersedia di area makam.

Dana yang terkumpul selain digunakan untuk kegiatan kemanusiaan, LSPT membeli inkubator bayi dan dipinjamkan gratis ke masyarakat yang membutuhkan.

Menurut Manajer Program LSPT Ahmad Rusdi saat diwawancarai NU Online (25/12/2022), sumber dana pembelian inkubator bayi dari kotak amal makam Gus Dur, kemudian ada juga donasi dari perseorangan maupun lembaga lain yang bekerja sama dengan LSPT.

Peminjaman inkubator bayi secara gratis ini tercatat dalam pembukuan LSPT mulai dilakukan sejak tahun 2020 hingga saat ini.

BACA JUGA:Haul Ke-13 Gus Dur dan Pembaharuan NU

Peminjaman inkubator gratis ini tidak hanya untuk Kabupaten Jombang, tapi juga masuk ke wilayah Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Pasuruan, Malang, Kediri, Tuluagung, Blitar, Nganjuk, dan Madiun.

Di antara penikmat peminjaman inkubator gratis yaitu bayi kembar bernama Anindita Ramadhani dan Anindia Ramadhani. Keduanya lahir dengan bobot masing-masing 1,7 Kg dan 1,5 Kg.

Dua bayi ini merupakan pasangan Mulyono dan Yulianti asal Desa Ngronggo, Kota Kediri. Bayi tersebut membutuhkan inkubator untuk tetap menjaga suhu tubuhnya tetap hangat.

Menurut Rusdi, secara keseluruhan terdata sudah 67 bayi penerima manfaat peminjaman inkubator gratis. Peminjaman inkubator ini biasanya memakan waktu sekira 1 sampai dengan 2 bulan. Namun, ada beberapa bayi yang membutuhkan inkubator lebih dari itu, tergantung intensitas bayi di dalam inkubator dan asupan ASI atau susu formulanya. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Yayasan Bayi Prematur Indonesia (Yabapi).

BACA JUGA:Mengenal Mainan Anak-anak Rusia Boneka Nevalyashka

Manfaat peminjaman inkubator gratis ini selain menjadi alat bantu bagi bayi yang lahir secara prematur, juga bermanfaat untuk mengurangi beban secara ekonomi tentunya.

Bagi orang tua bayi sangat membantu, karena kalau harus menggunakan inkubator di rumah sakit harganya mahal.

"Kami hadir memberikan atau meminjamkan secara gratis. Cara minjamnya cukup mudah. Bagi orang tua bayi yang membutuhkan pinjaman bisa menghubungi call center kami, lalu mengisi formulir, kemudian inkubator diantar langsung oleh petugas ke alamat," beber Rusdi.

Upaya peminjaman inkubator gratis ini sebagai bentuk tanggung jawab LSPT mengelola dana umat yang dipercayakan untuk disalurkan ke masyarakat lagi. Laporan keuangan LSPT juga bisa diakses secara umum lewat majalah yang diterbitkan secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nu online