Kotak Amal Jadi Sasaran Maling di Palembang, Aksi Pelaku Terekam CCTV Masjid Al-Maghfiroh

Kotak Amal Jadi Sasaran Maling di Palembang, Aksi Pelaku Terekam CCTV Masjid Al-Maghfiroh

Herman, pengurus Masjid Al-Maghfiroh, menunjukkan kotak amal yang jadi sasaran maling di Palembang di mana aksi pelaku terekam CCTV, Jum’at (29/3/2024).-Mulyadi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kotak amal masjid kerap menjadi sasaran empuk bagi pelaku pencurian. Seperti yang terjadi di Masjid Al-Maghfiroh ini. Aksi pelaku yang beraksi di siang bolong ini terekam kamera pengawas (CCTV) dan viral di media sosial.

Terlihat dari rekaman CCTV, pelaku mengenakan masker dan topi sedang mencongkel kotak amal Masjid Al-Maghfiroh.

Setelah berhasil membuka kotak amal, pelaku mengambil sejumlah uang dan pergi meninggalkan Masjid Al-Maghfiroh.

Peristiwa pencurian tersebut terjadi di Masjid Al-Maghfiroh Jalan Macan Lindungan Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang pada hari Minggu, 24 Maret 2024.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Sediakan 6 Ton Beras Dukung Gerakan Pangan Murah


Tangkapan layar rekaman CCTV Masjid Al-Maghfiroh ketika seorang pencuri sedang mencongkel kotak amal pada hari Minggu, 24 Maret 2024.-Mulyadi-PALTV

Saat ditemui di TKP pada hari Jum’at, 29 Maret 2024, pengurus Masjid Al-Maghfiroh Herman mengatakan, peristiwa terjadi sebelum waktu salat Zuhur sekitar pukul 11:00 WIB.

"Kejadiannya saat hendak persiapan salat Zuhur. Kami temukan kotak amal yang di tengah ruangan sudah rusak gemboknya," ujar Herman.

Ia menyebut pelaku pencurian dua orang. Satu orang pelaku beraksi masuk ke dalam Masjid Al-Maghfiroh. Sedangkan satu orang lagi menunggu di luar masjid memantau situasi sekitar.

"Pelakunya saya tidak kenal, karena memakai topeng yang seperti masker, bertopi, membawa tas kecil. Kedua pelaku datang menggunakan motor mio merah, parkir dan langsung masuk ke masjid," terang Herman.

BACA JUGA:Peringati Nuzulul Qur’an, Pj Bupati Banyuasin Ajak Masyarakat Membudayakan Baca Al-Qur’an

Peristiwa kotak amal masjid dibobol pencuri tak hanya satu kali terjadi di masjid kawasan macan lindungan. Sebelumnya, masjid yang berlokasi tak jauh dari TKP sudah pernah disasar pelaku.

"Masjid di belakang juga pernah kejadian seperti ini, bahkan kotak amalnya juga dibawa maling. Saya tahu dari grup penjaga masjid daerah kami. Untuk kerugiannya sendiri berkisar Rp250.000," ungkapnya.

Dari kejadian tersebut, pengurus Masjid Al-Maghfiroh langsung membuat laporan di Polsek Ilir Barat I Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv