Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Kampas Kopling yang Telah Aus? Inilah 5 Tanda Komponen Ini Telah Rusak!

Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Kampas Kopling yang Telah Aus? Inilah 5 Tanda Komponen Ini Telah Rusak!

Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Kampas Kopling yang Telah Aus? Inilah 5 Tanda Komponen Ini Telah Rusak --Foto : Freepik.com/@arthurhidden

Kopling yang tidak mampu berfungsi dengan lancar dapat mengakibatkan keausan yang lebih lanjut pada kampas kopling dan flywheel yang dapat berpotensi membuat kerusakan lebih besar jika tidak segera ditangani dengan baik.


Tarikan mesin motor yang terasa berat juga dapat menjadi tanda dari kondisi kampas kopling yang mulai aus atau menipis--Foto : Freepik.com/freepik

 

Tarikan Mesin Akan Terasa Berat

Tarikan mesin motor yang terasa berat juga dapat menjadi tanda dari kondisi kampas kopling yang mulai aus atau menipis.

BACA JUGA:Kenali Ciri-ciri Kampas Ganda yang sudah Menipis pada Motor Matic Anda

Hal ini dapat terjadi dikarenakan perpindahan gigi menjadi sulit sehingga akan mengurangi kelincahan dalam mengendalikan sepeda motor.

Kampas kopling yang telah aus atau mengalami kerusakan tidak dapat menghubungkan mesin motor dengan transmisi secara efisien.

Hal ini akan membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor tidak dapat tersalurkan dengan lancar ke roda penggerak.

 

Akselerasi Mesin Motor Melemah

Tanda kampas kopling yang sudah mulai aus yakni saat pengendara merasa bahwa motor tidak dapat memperoleh tenaga yang diperlukan dengan cepat pada saat mencoba untuk berakselerasi.

BACA JUGA:Memahami Jenis-Jenis Kopling Motor, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Hal ini dapat terjadi karena kampas kopling yang telah mengalami keausan tidak dapat mengalihkan tenaga dengan efisien dari mesin menuju ke transmisi.

Akselerasi yang melemah ini dapat menciptakan hambatan dalam kinerja motor yang mempengaruhi kemampuan sepeda motor untuk dapat merespons dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber