Bagaimana Pemanfaatan Teknologi QR Code Dalam Kehidupan? Inilah 6 Manfaat Dari Penggunaan QR Code!

Bagaimana Pemanfaatan Teknologi QR Code Dalam Kehidupan? Inilah 6 Manfaat Dari Penggunaan QR Code!

Inilah 6 Manfaat Dari Penggunaan QR Code --Foto : freepik.com/rawpixel-com

 

2. Dapat Mempermudah Proses Pendataan 

Proses pendataan dengan memanfaatkan teknologi QR Code ini akan menjadi lebih mudah. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi QR code yaitu pengisian data ketika check-in dan check-out gedung atau hotel pada masa pandemi Covid-19. 

Melalui sebuah aplikasi yang bernama Peduli Lindungi, pengguna hanya perlu melakukan scanning terhadap QR Code yang telah disediakan pada sebuah gedung ataupun hotel.

Tanpa pemanfaatan teknologi QR Code ini membuat pengunjung mungkin harus mengisi buku tamu dengan NIK dan nomor telepon pribadi secara manual.

Hal tersebut tentu akan membuat panjangnya antrean yang terbentuk dan akan sangat menyulitkan bagi petugas yang harus melakukan verifikasi data.

BACA JUGA:Rabbit R1 Gadget Kantong Dengan AI, Langsung Laku 10 Ribu Unit Setelah Diluncurkan

 

3. Dapat Mempermudah Transaksi Pembayaran

Teknologi QR Code ini juga dapat digunakan dalam mempermudah transaksi pembayaran. Hal ini akan membuat penggunanya tidak perlu terlalu khawatir jika tidak membawa uang tunai, kartu ATM, atau kartu kredit. 

Di Indonesia, nama Teknologi QR Code untuk melakukan transaksi pembayaran ini diberi nama QRIS (Quick Response Indonesian Standard).

Kehadiran QRIS ini membuat pengguna atau konsumen dapat melakukan transaksi non-tunai dengan sekali scan dengan jenis bank atau e-wallet apapun yang digunakan. 

BACA JUGA:Google PHK ratusan karyawan di beberapa tim, Ini Alasannya Bikin kaget!


QR code dapat membuat informasi tersebut menjadi singkat dan mudah untuk diakses--Foto : Freepik.com/freepik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber