Bagaimana Pemanfaatan Teknologi QR Code Dalam Kehidupan? Inilah 6 Manfaat Dari Penggunaan QR Code!

Bagaimana Pemanfaatan Teknologi QR Code Dalam Kehidupan? Inilah 6 Manfaat Dari Penggunaan QR Code!

Inilah 6 Manfaat Dari Penggunaan QR Code --Foto : freepik.com/rawpixel-com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - QR Code merupakan teknologi matriks dua dimensi atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata ‘Quick Response’ yang berarti isi dari kode tersebut dapat diuraikan dengan cepat dan tepat.

QR Code sendiri dipublikasikan pada tahun 1994 dikembangkan oleh Denso Wave yang merupakan salah satu perusahaan asal Jepang.

Sistem kerja pada QR Code yaitu dengan cara membaca beberapa komponen yang terdapat pada kotak kode. Tiga kotak besar yang terdapat pada setiap sudutnya menggambarkan pembatas kode, sementara kotak yang lebih kecil berfungsi untuk mengukur besar kotak. 

Beberapa komponen yang berada di tengah kode merupakan pola waktu, data informasi, dan nomor versi. Area inilah yang akan dibaca oleh scanner dan datanya diproses sehingga QR Code menjadi berfungsi. 

BACA JUGA:Bagaimana Virtual Reality Menciptakan Lingkungan Digital Tampak Nyata? Inilah 4 Cara Kerja Teknologi VR!

QR Code sendiri dapat menyimpan hingga 2.089 digit atau 4.289 karakter, termasuk tanda baca dan karakter spesial.

Hal tersebut membuat QR Code dapat menampilkan teks pada pengguna, membuka URL, menyimpan kontak pada buku telepon, dan lain-lain.

Oleh karena itu, QR Code dinilai akan lebih mudah dibaca oleh pemindai atau scanner dan dapat menyimpan data baik secara horizontal maupun vertikal jika dibandingkan dengan barcode biasa.

Teknologi QR Code ini mempunyai berbagai manfaat dalam penggunaannya. Berikut ini 6 manfaat dari penggunaan Teknologi QR Code dalam kehidupan.

BACA JUGA:Teknologi VR Menciptakan Lingkungan 3D? Inilah 3 Jenis Virtual Reality Berdasarkan Perangkat yang Digunakan!,

1. Dapat Mempermudah Akses Informasi

Informasi yang terlalu banyak terkadang akan membuat penggunanya mengalami kesulitan. Pemanfaatan teknologi ini dengan memasukkannya ke dalam QR code dapat membuat informasi tersebut menjadi singkat dan mudah untuk diakses.

Selain itu pemanfaatan teknologi QR Code ini juga membuat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan akses terhadap informasi menjadi lebih singkat.BACA JUGA:Mengatasi Keterbatasan Storage iPhone dengan Flashdisk OTG, Solusi Simpel dan Efektif

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber