Banjir Sedalam 2 Meter Rendam Ratusan Rumah di Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu, Ada Warga Enggan Dievakuasi!

Banjir Sedalam 2 Meter Rendam Ratusan Rumah di Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu, Ada Warga Enggan Dievakuasi!

Banjir sedalam 2 meter rendam ratusan rumah di Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu, Tim BPBD Muba bantu evakuasi warga ke tempat aman, Senin (15/1/2024).-Ruzi Iskandar-PALTV

MUSI BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Banjir sedalam dua meter lebih melanda Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sejak empat hari terakhir, merendam ratusan rumah warga.

Luapan Sungai Musi mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Memaksa sekitar 53 Kepala Keluarga harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman pada hari Senin, 14 Januari 2024.

Kepala Desa Lumpatan Agus Kurniawan menyampaikan bahwa situasi banjir terus dipantau. Evakuasi dilakukan untuk menjaga keselamatan warga. Meskipun demikian, sebagian warga memilih bertahan di rumah mereka.

"Kami terus memantau kondisi banjir dan telah berhasil mengevakuasi sejumlah warga. Namun, beberapa warga memilih bertahan," kata Agus Kurniawan.

BACA JUGA:Giliran Dirut PT Wira Putra Perkasa Diperiksa Kejati Sumsel Kasus Dugaan Korupsi Pemenuhan Kewajiban Pajak


Warga Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu dievakuasi Tim BPBD Muba ke tempat aman dari banjir, Senin (15/1/2024).-Ruzi Iskandar-PALTV

Agus Kurniawan menjelaskan bahwa dampak banjir menyebabkan sejumlah jalan terputus, membuat Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba turun tangan.

Mereka bekerja keras untuk membantu evakuasi warga dengan menggunakan perahu karet maupun perahu fiber milik BPBD Muba.

"Kami fokus pada evakuasi warga yang terkena dampak banjir dengan menurunkan sejumlah perahu karet dan maupun fiber," ujar Kades Lumpatan Agus Kurniawan.

Sementara itu, masyarakat setempat mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap bencana ini. Nepi, seorang warga, menyampaikan harapannya agar bantuan dan perhatian lebih lanjut dapat diberikan oleh pemerintah setempat kepada mereka yang terdampak.

BACA JUGA:Usai Dilantik, Pj Bupati OKI Asmar Wijaya Fokus Penanganan Inflasi, Kemiskinan Ekstrem, Stunting, dan Karhutla

Menurut Nepi, akibat banjir ini warga tidak dapat berbuat banyak karena seluruh perabotan rumah mereka tegenang air, sehingga sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Bencana banjir yang melanda Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu ini mengakibatkan sejumlah akses jalan terputus dan mengharuskan warga untuk tetap waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv