Penyebaran Virus Covid-19 dari hewan? Apakah Benar

Penyebaran Virus Covid-19 dari hewan? Apakah Benar

Penyebaran Virus Covid-19 dari hewan --Foto : freepik.com/@ prostooleh

Virus mirip virus corona pada anjing telah terdeteksi pada delapan orang di Malaysia dengan tanda-tanda klinis pneumonia, namun tidak jelas apakah CCoV  atau virus lain bertanggung jawab atas tanda-tanda klinis ini. 

Di sektor perunggasan juga terdapat penyakit akibat virus corona bernama avian infectious bronchitis virus (AIBV) yang dapat menyebabkan gangguan pada pernafasan, pencernaan, ginjal, dan saluran pencernaan. Belum ada informasi mengenai penularan virus ini  ke manusia.

BACA JUGA:Tingkat Fatalitas Mycoplasma Pneumonia Lebih Rendah Dibanding COVID-19

 

4. Apakah COVID-19 zoonosis?

Karena tidak ada sumber hewan untuk SARS COV-2 yang teridentifikasi, klasifikasi COVID-19 sebagai penyakit zoonosis masih dalam perdebatan dan penelitian serta kajian lebih lanjut masih dilakukan mengenai topik ini.

Salah satu  cara penularannya adalah dari manusia ke manusia, hewan ke manusia, manusia ke hewan, dan hewan ke hewan. BBC melaporkan bahwa para ilmuwan di Skotlandia telah menemukan dua kasus COVID-19 pada kucing yang diduga dibawa oleh pemilik kaya. 

Ini merupakan temuan  penting dan mungkin menjelaskan mengapa COVID-19  ditularkan dari hewan ke manusia. Oleh karena itu, praktik kebersihan yang baik perlu terus diterapkan dan fokus pada penelitian  berkelanjutan untuk mengurangi risiko penularan virus guna mencegah mutasi virus yang mematikan.

BACA JUGA: Ancaman Serius Pneumonia yang patut diwaspadai Pasca COVID-19

Virus dapat membunuh seseorang jika reseptor yang tepat ada di tubuh orang tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan virus yang beredar, karena tidak semua virus  hewan bisa menular ke manusia dan begitu pula sebaliknya. Namun perlu kita ketahui bahwa virus dapat berubah karena adanya penularan yang terus menerus sehingga dapat menimbulkan varian virus baru yang dapat  menular antar spesies.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber