Bisa Diamalkan! Ini Dia Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Menurut Syariat Islam

Bisa Diamalkan! Ini Dia Kunci Hidup Tenang dan Bahagia Menurut Syariat Islam

Kunci hidup tenang dan bahagia menurut Syariat Islam.--freepik.com/@danmir12

“Dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu”. (Q.S at-Talaq ayat 3)

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Inilah Waktu yang Dilarang Tidur dalam Islam, Bisa Berdampak Buruk Jika Dilakukan

Dengan demikian, tawakal dalam Islam mengajarkan untuk berusaha dan berencana dengan sungguh-sungguh, sambil mempertahankan keyakinan bahwa hasil akhir sepenuhnya tergantung pada kehendak Allah.

2. Selalu Bersyukur

Kehidupan di dunia akan menjadi lebih bahagia jika kita menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur. Sebagaimana disampaikan dalam firman Allah dalam Surah Ibrahim: 7 yang artinya:

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepada kamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.'" (Q.S. Ibrahim: 7)

BACA JUGA:Menghilangkan Stigma Negatif, Inilah Keutamaan Menikahi Janda dalam Islam


Bersyukur merupakan tindakan sederhana yang dapat dilakukan setiap muslim.--freepik.com/@jcomp

Bersyukur merupakan tindakan sederhana yang dapat dilakukan setiap muslim, baik dalam menerima rezeki maupun menghadapi cobaan dari Allah SWT. Dalam ajaran Islam, bersyukur menjadi bukti ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

Al-Quran secara tegas menekankan pentingnya bersyukur. Dalam banyak ayat, Allah SWT menjanjikan tambahan nikmat bagi mereka yang bersyukur.

Hal ini menunjukkan bahwa dengan bersyukur, kita akan menerima lebih banyak berkah dalam kehidupan kita.

Dalam pandangan Islam, memahami hakikat kehidupan merupakan kunci untuk hidup tenang dan bahagia.

BACA JUGA:Waspada! Inilah 6 Pintu Masuk Godaan Setan dalam Menyesatkan Manusia

Dengan menyadari bahwa kehidupan tidak hanya tentang kenikmatan dunia semata, melainkan juga tentang pengabdian kepada Allah SWT dan menghadapi ujian-Nya, seseorang dapat meraih ketenangan dalam menghadapi segala tantangan hidup.

3. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber